Senin 16 Agustus 2021, 10:18 WIB

Presiden Sebut Pandemi Memacu Bangsa Berubah Menjadi Lebih Baik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Sebut Pandemi Memacu Bangsa Berubah Menjadi Lebih Baik

Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo bicara dalam sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD RI

 

PANDEMI covid-19 telah memacu bangsa Indonesia untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan dan menerobos ketidakmungkinan.

Pemerintah dan masyarakat dipaksa untuk membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini. Tujuannya, tidak lain untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

"Dari sisi kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian. Itu semua adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu," ujar Jokowi dalam pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (16/8).

Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya.

"Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas," ucap kepala negara.

Baca juga:  Presiden: Siasati Pandemi Covid Dengan Mengambil Pelajaran Darinya

Dari sisi pemanfaatan teknologi, itu juga semakin berkembang setiap harinya.

Bekerja dari rumah, pendidikan jarak jauh, rapat dan sidang secara daring, belanja online, telah menjadi kebiasaan baru yang dulu masih lakukan secada ragu-ragu.

Di tengah dunia yang penuh disrupsi, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju.

Seluruh elemen bangsa telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru supaya bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif.

"Adanya pandemi covid-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

DOK IPB.

Riset Aksi Holosentrik untuk Pembangunan Pertanian

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:16 WIB
Dalam penerapan riset aksi holosentrik, peneliti tidak lagi mengambil jarak dengan petani, melainkan bersama petani untuk melakukan...
Antara

Kasus Ayah Perkosa Anak Disabilitas di Sumsel Harus Terus Dikawal

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:05 WIB
KASUS pemerkosaan yang dilakukan oleh ayah kepada anak kandungnya yang merupakan penyandang disabilitas hingga mengalami kehamilan di...
Ist

Changemakers Nusantara Day, Para Pembawa Perubahan Tanah Air Bertemu

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:49 WIB
Acara yang diselenggarakan menjelang Hari Kebangkitan Nasional ini juga menjadi ajang berbagi inspirasi, diskusi, dan mendorong kolaborasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya