Kamis 12 Agustus 2021, 06:00 WIB

Segarnya Dapat, Khasiatnya juga Mantap

Widodo Hadisaputro Guru Besar/Profesor Bidang Bioteknologi Pangan | Humaniora
Segarnya Dapat, Khasiatnya juga Mantap

Dok. Pribadi

 

SUSU fermentasi yang selama ini dikenal dengan sensasi segar serta khasiat menyehatkan pencernaan, kini memiliki manfaat yang lebih berkhasiat. Riset di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Susu, Fakultas Peternakan UGM, sejak 2010 sukses melahirkan terobosan Lowkol.

Produk susu fermentasi ini bisa membantu mereka yang tengah berjuang mengatasi dislipidemia atau berbagai jenis penyakit akibat tingginya kadar lipid (lemak dan turunannya) dalam darah. Saat ini riset sedang dalam tahapan finalisasi prototipe produk Lowkol dan uji efikasi.

Cara kerja Lowkol berbasis pada probiotik adalah mikrobia hidup yang sengaja ditambahkan dalam bahan pangan dan memberikan efek menguntukan bagi host atau manusia yang mengonsumsinya, melalui peningkatan keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan. Probiotik juga memiliki kemampuan sintesis beberapa senyawa bioaktif seperti asam linoleat terkonjugasi (conjugated linoleic acid/CLA) dan asam lemak rantai pendek (short chain fatty acid/SCFA) yang berperan dalam regulasi metabolisme lipid dalam tubuh.

Penelitian ini berfokus pada semangat mengembangkan bahan pangan yang juga bisa mengatasi dislipidemiapenyakit yang menjadi tantangan dunia kesehatan di Indonesia dan dunia. Gangguan kesehatan ini dipicu gaya hidup kurang sehat masyarakat masa kini, yaitu merokok, tidak aktif secara fisik, dan obesitas.

Dislipidemia sering tidak disadari hingga diketahui kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan trigliserida tinggi, atau terjadi penurunan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Kondisi ini menjadi salah satu faktor pemicu penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular di antaranya penyakit jantung koroner. Gangguan kesehatan ini diatasi dengan terapi farmakologis dengan obat antilipid. Upaya lainnya, terapi nonfarmakologis yang lebih bersifat preventif, dengan pengaturan pola makan dan mengonsumsi pangan kesehatan seperti susu fermentasi dengan probiotik.

Sebagai salah satu produk Lowkol susu fermentasi dengan probiotik, Lowkol termasuk yang paling maju karena menggunakan probiotik strain lokal asal manusia di Indonesia, yaitu Lactobacillus casei (L.casei) strain AP. Saya berhasil mengisolasi L. casei strain AP dan AG dari saluran pencernaan bayi Indonesia yang lahir normal, ibunya sehat dan hanya mengonsumsi air susu ibu.

Dari uji in vitro kedua strain AP dan AG yang memiliki potensi sebagai probiotik ditandai dengan kemampuan perlekatan in vitro pada gastric mucin yang tinggi, serta memiliki kemampuan sintesis SCFA. Uji kemampuan L. casei strain AP dan AG sebagai kultur starter fermentasi menunjukkan kemampuan penurunan pH susu dari 6,37 menjadi 4,27 dan 4,31 selama fermentasi 8 jam serta peningkatan jumlah sel L. casei strain AP dan AG. Hasil ini menunjukkan L. casei strain AP dan AG yang diisolasi dari sistem pencernaan bayi dapat berperan sebagai kultur starter dalam fermentasi susu.

Pemilihan probiotik dari manusia supaya memenuhi syarat human-origin, artinya probiotik untuk manusia idealnya harus diambil (diisolasi) dari sistem pencernaan manusia lewat sisa pencernaan (feses). Genus Lactobacillus asal saluran pencernaan mudah dikulturkan dan memiliki ketahanan hidup pada kondisi saluran pencernaan (gastrointestinal tract). Lactobacillus casei strain AP khas dari pencernaan manusia Indonesia sehingga cocok kalau dikonsumsi dan kembali masuk ke sistem pencernaan penduduk negeri ini.

 

 

Menurunkan kolesterol

Langkah selanjutnya ialah identifikasi probiotik, pengujian, dan seleksi probiotik secara in vitro (uji laboratorium), uji probiotik pada tikus percobaan (praklinis), dan uji pada manusia penyandang obesitas. Perlakuan penambahan susu probiotik pada tikus model telah dilaporkan berperan dalam penanganan dislipidemia dan obesitas. Hal tersebut ditunjukkan adanya penurunan berat badan dan penurunan kasus hiperglikemik serta stres oksidatif pada tikus dengan diabetes.

Sementara itu, uji coba pada manusia dilakukan pada 29 individu yang obesitas atau body mass index (BMI) lebih dari 32 dan termasuk kategori obesitas. Perlakuan selama satu bulan dengan diberi produk Lowkol satu botol kemudian diukur kadar gula, kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida. Hasil prauji (pre-test) dan pascauji (post-test) menunjukkan terjadi penurunan kadar kolesterol total, LDL, trigliserida, dan peningkatan HDL responden setelah 1 bulan mengonsumsi Lowkol.

 

 

Pemberdayaan masyarakat

Produk susu Lowkol merupakan sebuah inovasi kombinasi pemahaman peneliti tentang mikrobiologi, ilmu pangan, dan teknologi susu. Produk yang diluncurkan pada 2019 dan telah memiliki hak paten ini dapat berperan sebagai penurun kolesterol. Lowkol bebas bahan kimia dan dapat dikonsumsi untuk usia remaja sampai dewasa.

Mereka yang sehat pun bisa mengonsumi Lowkol karena sifatnya sebagai bahan pangan. Pun, metode yang diberlakukan dalam riset dan produksi telah memenuhi sertifikat halal dari MUI pada 29 Februari 2020. Soal rasa, sensasi yang dihasilkan pada dasarnya tawar dengan tambahan manis dan asam seperti lazimnya susu fermentasi lainnya, segar dan enak!

Lowkol masih diproduksi skala laboratorium dan belum diproduksi skala industri. Riset ini juga terkait dengan pemberdayaan masyarakat karena berpotensi meningkatkan serapan susu sapi segar sebagai bahan baku. Lowkol juga mendorong diversifikasi produk susu Indonesia.

Harapannya, Lowkol bisa digandeng mitra yang mampu memproduksi dalam skala industri sehingga produk dapat dikonsumsi luas dan berkontribusi menyehatkan masyarakat.

 

 

 

Baca Juga

dok.Antara

Kamu Mau Pindah Sekolah? Ini Syarat dan Prosedurnya

👤Farrel Ardan 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:55 WIB
BANYAK orang tua yang belum tahu bagaimana menangani pindah sekolah, karena memang hal ini sangat jarang...
Antara

Awas ! Cuaca Ekstrem Diprediksi Hantam Indonesia hingga 9 Desember

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:40 WIB
Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menghantam sebagian besar wilayah Indonesia hingga 9 Desember...
Antara

KLHK Jajaki Peluang Ekspor Kopi Hasil Perhutanan Sosial di Turki

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:30 WIB
KLHK berpartisipasi pada acara One Day Indonesia Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) di Turki untuk menjajaki peluang pasar ekspor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya