Kamis 24 Juni 2021, 11:05 WIB

BPPT Lock, Inovasi Hadapi Masalah Pesisir Pantai Indonesia

Faustinus Nua | Humaniora
BPPT Lock, Inovasi Hadapi Masalah Pesisir Pantai Indonesia

ANTARA / Harviyan Perdana Putra
ROB PEKALONGAN: Sekitar 80 persen wilayah Pekalongan Utara terdampak banjir rob dengan ketinggian antara 10-50 centimeter.

 

KEPALA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan bahwa pihaknya mendukung pengembangan kawasan pesisir utara Pulau Jawa menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Wilayah yang kerap menghadapi kondisi banyak potensi bencana seperti kenaikan muka air laut, banjir rob dan penurunan tanah itu butuh dukungan inovasi.

"BPPT berusaha menghadirkan upaya perekayasaan, kliring teknologi dan inovasi teknologi struktur tanggul laut dan pengaman pantai. Di sinilah kita mengenal BPPT Lock yang sudah menjadi sebuah proses lengkap mulai dari perekayasaan hingga alih teknologi dan diupayakan untuk bisa ke dalam tahap komersialisasi," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/6).

Menurutnya, tantangan saat ini adalah kebutuhan-kebutuhan dalam mengamankan daerah yang mengalami potensi bencana dengan memanfaatkan teknologi ini. BPPT Lock kini akan memasuki tahapan uji kemampuan untuk scaling up dalam memenuhi kebutuhan tanggul laut maupun breakwater agar bisa meredam gaya gelombang yang muncul di sisi laut.

"Yang menjadi amanah dari upaya ini semua bukan hanya menguasai teknologi, tapi harus juga bisa mendayagunakan teknologi serta menjamin keberhasilannya," tutur Hammam.

Lebih lanjut, Hammam mengatakan bahwa pihaknya juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Penting untuk menghadirkan ekosistem BPPT Lock yang sudah terbangun melalui kerja sama dengan perguruan tinggi seperti ITS dan UGM, end-user (PT PJB UBJOM PLTU Pacitan), kontraktor dan industri unit lapis lindung (PT Rekadaya Utama).  "Ini bagian dari super team yang diharapkan mampu melaksanakan hilirisasi," pungkasnya.(H-1)

Baca Juga

Ant/Akbar NG

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 30 Januari, Jabodetabek Level 2

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:36 WIB
PEMERINTAH memperpanjang aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 30 Januari. Jabodetabek masuk...
MI / ADAM DWI.

Waspada, Penularan Omikron Mulai Didominasi Transmisi Lokal

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:30 WIB
Pada 22 Januari 2022 sebanyak 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi...
dok.humas

Rosita YS Wibawa Terima Penghargaan Bergengsi API 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:28 WIB
ROSITA YS Wibawa, pegiat sosial budaya dan environmental enthusiast bersama dengan sebagian penerima Anugerah Perempuan Indonesia 2022 yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya