Rabu 23 Juni 2021, 16:18 WIB

Aku Pintar Raih Top 5 Aplikasi Belajar

Mediaindonesia.com | Humaniora
Aku Pintar Raih Top 5 Aplikasi Belajar

DOK Pribadi.
Pilihan jurusan sesuai dengan bakat minat siswa.

 

APLIKASI pendidikan gratis di Indonesia, Aku Pintar, meraih top 5 aplikasi belajar yang paling sering digunakan oleh para siswa. Aku Pintar menjadi referensi utama para siswa sebagai tempat mencari informasi perguruan tinggi serta latihan soal (try out) untuk persiapan memasuki pendidikan tinggi.

Data tersebut berdasarkan Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada 20-29 Maret 2021. Survei ini mengambil sampel 1.153 siswa usia 15-18 tahun yang berasal dari 32 provinsi di Indonesia. Siswa yang disurvei berasal dari sekolah negeri (68,4%) dan swasta (31,6%) terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

Co Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko, mengungkapkan sejak awal pihaknya berkomitmen menyediakan serangkaian fitur bagi siswa SMP dan SMA/SMK yang dapat membantu mereka untuk lebih mengenal diri serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sehingga mampu memilih jurusan serta karier yang tepat di masa depan.
 
"Masa depan anak sangat berharga. Pemilihan sekolah dan jurusan menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan karier dan masa depan. Oleh karena itu, Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian tes minat, bakat, dan penjurusan, materi pembelajaran sampai informasi mengenai SMA dan kampus. Semua ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karier yang tepat," ujar Pebri dalam keterangan resmi, Rabu (23/6). 

Dari survei tersebut diketahui juga bahwa para siswa menggunakan aplikasi pendidikan digunakan untuk mencari kunci jawaban, mengakses materi pelajaran, dan konsultasi mata pelajaran. Sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi, siswa biasanya mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Umumnya, siswa mencari informasi ini di media sosial (73%), website perguruan tinggi (54,6%), alumni (37,3%), dan aplikasi pendidikan (34,7%).

Terkait jurusan, Teknik menjadi pilihan favorit pelajar yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Teknik berada di urutan pertama dipilih oleh 16,2% siswa, berikutnya Pendidikan/Keguruan (7,4%), Kedokteran (7,3%), Manajemen (6,3%), dan Akuntansi (5,9%).

Selain menempatkan Teknik sebagai jurusan favorit, hasil survei juga menunjukkan bahwa universitas yang paling diincar umumnya kampus negeri (81,5%). Universitas Gajah Mada menjadi yang paling diburu dan dipilih oleh 13,4% responden. Diikuti Universitas Indonesia (7,8%), Institut Teknologi Bandung (3,9%), Universitas Padjadjaran (3,8%), Universitas Airlangga (2,9%), Universitas Brawijaya (2,7%), dan lainnya.

Menurut Panel ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri, ada banyak faktor yang memengaruhi seorang siswa dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Sebanyak 64% siswa mengutamakan mengejar jurusan yang diminati, 42% memilih karena reputasi perguruan tinggi yang baik, 29,7% berdasarkan ketersediaan beasiswa, dan 25,7% karena pilihan orangtua.

"Ketika ditanyakan jika pilihannya berbeda dengan orangtua, siswa pun tak langsung buru-buru mengikuti pilihan orangtuanya. Umumnya mereka mengatakan akan berusaha mencari jalan tengah antara pilihanya dan orangtua. Sebagian lainnya bahkan langsung mengatakan akan memilih sendiri," ujar Mulya.

Survei ini juga menemukan pola perilaku pelajar Gen Z dalam menentukan pilihan studi dan masa depan pendidikannya. Bagi generasi Z, teman lebih berpengaruh dibanding orangtua. Sebanyak 73,4% lebih responden mengatakan sering berkonsultasi dengan sahabat atau temannya mengenai studi. Sisanya, 26,6% memilih berkonsultasi dengan orangtua.

 

Data tersebut juga selaras dengan survei mengenai pengalaman siswa dalam memilih jurusan di sekolah menengah. Lebih dari 72% pelajar mengatakan jurusan yang mereka pilih saat ini sesuai minat mereka. Hanya 20,6% pelajar yang mengatakan jurusan saat ini pilihan orangtua. Secara umum, siswa merasa jurusan pilihannya di pendidikan menengah sudah sesuai dengan keinginannya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA

BNPB Beri Pembekalan Relawan Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 September 2021, 11:00 WIB
Relawan akan bertugas sebagai duta perubahan perilaku dengan membagikan masker kepada para atlet, pendamping, penonton, dan masyarakat...
FOTO/Metro TV

Manfaat Besar Kehadiran Internet di Natuna

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 10:45 WIB
Kabupaten Natuna sebagai wilayah kepulauan dengan laut yang luas, manfaat kehadiran internet ini antara lain dirasakan oleh para...
MI/SUSANTO

Maksimalkan Potensi Lokal Semau dengan Internet

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 10:36 WIB
Di wilayah yang memiliki potensi di bidang pertanian dan peternakan ini, kehadir­an internet dibutuhkan untuk mendapatkan akses...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya