Rabu 23 Juni 2021, 14:46 WIB

Kominfo Bakal Blokir Game Online yang Tak Patuhi Regulasi

Faustinus Nua | Humaniora
Kominfo Bakal Blokir Game Online yang Tak Patuhi Regulasi

ANTARA/RAISAN AL FARISI
Psikiater memeriksa seorang anak yang kecanduan gawai di RSJ Provinsi Jawa Barat di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (18/3/2021)

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memblokir akses situs game online yang terbukti tidak mematuhi aturan yang berlaku. Hal itu dilakukan setelah adanya laporan atau permohonan dari masyarakat terkait kehadiran sejumlah game online yang berdampak buruk pada anak.

"Pemblokiran akan kami proses jika permohonan tersebut memenuhi syarat yang berlaku, antara lain, yaitu game online tersebut menayangkan muatan yang dilarang oleh regulasi dan permohonan diajukan oleh pihak yang berkepentingan melalui jalur pengajuan yang sudah ditetapkan," ungkap Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi kepada Media Indonesia, Rabu (23/6).

Baca juga: SDM jadi Penyebab Minimnya Ruang Rawat Intensif untuk Anak

Dia menegaskan bahwa Kominfo berwenang untuk melakukan pemblokiran akses terhadap sistem elektronik/platform digital, termasuk situs game online. Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat yang diubah melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 10 Tahun 2021.

Dedy menambahkan bila syarat permohonan pemblokiran sudah terpenuhi, dalam hal ini terbukti melanggar aturan, maka Kominfo bisa langsung memblokirnya. "Akan kami proses dan pertimbangkan untuk dilakukan pemblokiran sesuai ketentuan yang berlaku," tandasnya.(H-3)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Wanita Hamil dan Menyusui Butuh Perawatan Kulit

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:30 WIB
Banyak wanita hamil dan menyusui kurang sadar dengan perawatan tubuh dan...
ANTARA

Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha

👤Miskah Syifa Putri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 13:45 WIB
Seperti dijelaskan dalam Buku Panduan Lengkap Ibadah Muslim karya Syukron Maksum, berkurban adalah hal yang sangat dicintai Allah di Hari...
MI/John Lewar

NTT Dorong Pariwisata Sebagai Motor Pembangunan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Pemerintah daerah NTT terus menonjolkan ragam kebudayan adat dan wisata alam untuk meningkatkan pariwisata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya