Selasa 22 Juni 2021, 07:44 WIB

Indonesia Jadi Wakil Asia di Dewan FAO

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Indonesia Jadi Wakil Asia di Dewan FAO

ANTARA/Siswowidodo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri)

 

INDONESIA terpilih mewakili Asia sebagai anggota Dewan Badan Pangan Dunia (FAO) pada Sidang ke-42 Konferensi FAO yang diselenggarakan secara virtual, 14-18 Juni 2021

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (21/6), menyampaikan dirinya bersyukur dan memberikan apresiasi atas kepercayaan dari Badan Pangan Dunia untuk Indonesia menjadi anggota Dewan FAO mewakili Asia yang dinilai sebagai pengakuan atas kinerja positif sektor pertanian Indonesia.

"Pertanian kita dinilai tumbuh luar biasa oleh FAO dalam beberapa waktu terakhir. Sektor pertanian Indonesia telah memberikan kontribusi dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif. Maka, penunjukan sebagai anggota dewan ini, kami nilai sebagai kepercayaan
yang luar biasa," papar Mentan.

Baca juga: Dalam Raker, Komisi IV DPR Banjiri Kementan dengan Pujian

Lebih lanjut, Mentan menyebut program pembangunan sektor pertanian di bawah arahan Presiden Joko Widodo terus membuahkan hasil positif.

Syahrul mengatakan kinerja dan kontribusinya terhadap pemulihan ekonomi sangat baik dan terjaga.

"Kita berharap program pertanian Indonesia, mampu mewarnai kebijakan pertanian dunia. Menginspirasi bagi negara lain, dan kita berperan dalam menyediakan pangan masyarakat dunia," katanya.

Indonesia dinominasikan oleh Filipina dan India mewakili Grup Asia bersama dengan 5 negara anggota lainnya, yaitu Bangladesh, Filipina, Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan (Korsel).

Sebagai Anggota Dewan FAO 2021-2024, Indonesia dapat berperan secara aktif mewarnai berbagai kebijakan di FAO, khususnya yang terkait dalam pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030, transformasi sistem pangan berkelanjutan, dan pengawalan kerja sama teknis melalui platform Hand-in-Hand Innitiative (HIHI) yang dapat disinergikan dengan Indonesia melalui Kerja Sama Selatan Selatan dan Triangular.

Mentan Syahrul Yasin Limpo, selaku ketua Delegasi Indonesia, dalam pernyataannya di debat umum yang bertemakan Transformasi Sistem Pangan Pertanian: dari Strategi ke Aksi, menyoroti pentingnya upaya berkelanjutan untuk transformasi menuju sistem pertanian pangan yang lebih inklusif, tangguh, dan berkelanjutan.

Transformasi sistem pertanian pangan di Indonesia telah dilakukan dengan mengedepankan prinsip berorientasi lokal, kolaboratif, transformatif, tangguh, dan berkelanjutan.

"Komitmen Indonesia untuk terus bekerja sama dengan FAO dan anggotanya, termasuk melalui Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular. Secara khusus, penguatan kolaborasi menjadi sangat penting dalam penanganan dampak covid-19 terhadap sistem pangan dan pertanian," tutup Mentan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MUI

MUI Hadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa di Mesir

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:05 WIB
KETUA Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar menghadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa yang digelar Dar Al Ifta...
Ant/M Risyal H

BOR Wisma Atlet Terus Alami Penurunan, Keterisian 27,5%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:55 WIB
KONDISI Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, sudah mengalami penurunan jumlah pasien covid-19. Saat ini RS menampung pasien sebanyak...
ANTARA/Fachrurrozi

Selama 3 Minggu Terakhir, Kasus Covid-19 di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi Meningkat

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:14 WIB
"Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga minggu terakhir maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya