Sabtu 19 Juni 2021, 06:30 WIB

Masyarakat Diingatkan Jangan Lengah

Aiw/X-10 | Humaniora
Masyarakat Diingatkan  Jangan Lengah

MI/PERMANA
Penampilan grup musik Slank dengan bintang tamu Yuni Shara (kiri) di program Vaksin untuk Indonesia (VUI) di Grand Studio Metro TV, Kedoya.

 

KASUS covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Hingga kemarin, kasus positif covid-19 secara nasional bertambah 12.990, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 1.963.266. Sementara itu, kasus meninggal akibat covid-19 bertambah 290, sehingga total menjadi 54.043.

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kondisi ini sudah diprediksi karena banyak warga yang masih memaksa untuk mudik. Peningkatan kasus diperkirakan akan terus berlanjut hingga minggu pertama bulan Juli mendatang.

“Kondisi ini kita sudah prediksi karena pascaliburan Idul Fitri banyak orang yang masih nyolong-nyolong mudik. Kalau banyak orang bergerak, banyak mobilitas, tetap beraktivitas, otomatis terjadi peningkatan kasus,” kata Siti dalam acara Vaksin untuk Indonesia yang tayang di Metro TV, kemarin.

Siti menambahkan, adanya varian baru covid-19 yang beredar di Tanah Air turut berpotensi menambah beban kasus pandemi, selain mobilitas warga yang masih tinggi. Oleh sebab itu, dia meminta agar masyarakat tidak lengah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ditambah dengan vaksin yang tersedia secara gratis di fasilitas kesehatan.

“Kita terus sampaikan bahwa tetap terapkan protokol kesehatan, kurangi mobilitas, dan segera ambil vaksin karena vaksin menambah kekebalan tubuh kita,” ujarnya.

“Kalau ada rasa badan kurang sehat, segera tes karena dengan segera tes, bisa segera diobati dan pasti tidak akan menular ke orang lain,” tambahnya.

Dalam acara itu, penyanyi Yuni Shara mengatakan agar tubuh tetap sehat selama pandemi, perlu berolahraga dan menjaga kesehatan mental agar imun tetap terjaga.

“Kita harus menerima dulu bahwa ada satu keadaan baru yang kita harus adaptasi biar kita enggak stres, karena kalau kita stres, imun kita turun,” ujarnya.

Vaksin untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat pukul 20.05 WIB. Dalam program ini, Slank tak hanya menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan warga masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Aiw/X-10)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:41 WIB
Pada 2021 misalnya, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, terdiri atas 182.890 pendaftar dari dari 11.920 sekolah melalui...
AAFP/Javier Torres.

Penelitian Terbaru, Kucing Besar Tertular Covid-19 dari Penjaganya

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:15 WIB
Penelitian ini muncul dalam jurnal peer-review dan akses terbuka yang disebut...
Dok. Pribadi

Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat, Libatkan Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:02 WIB
Menurutnya program ini sesuai dengan salah satu filosofi Kampus Merdeka yakni kolaborasi dan gotong royong, terutama untuk bergotong royong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya