Sabtu 19 Juni 2021, 06:30 WIB

Masyarakat Diingatkan Jangan Lengah

Aiw/X-10 | Humaniora
Masyarakat Diingatkan  Jangan Lengah

MI/PERMANA
Penampilan grup musik Slank dengan bintang tamu Yuni Shara (kiri) di program Vaksin untuk Indonesia (VUI) di Grand Studio Metro TV, Kedoya.

 

KASUS covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Hingga kemarin, kasus positif covid-19 secara nasional bertambah 12.990, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 1.963.266. Sementara itu, kasus meninggal akibat covid-19 bertambah 290, sehingga total menjadi 54.043.

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kondisi ini sudah diprediksi karena banyak warga yang masih memaksa untuk mudik. Peningkatan kasus diperkirakan akan terus berlanjut hingga minggu pertama bulan Juli mendatang.

“Kondisi ini kita sudah prediksi karena pascaliburan Idul Fitri banyak orang yang masih nyolong-nyolong mudik. Kalau banyak orang bergerak, banyak mobilitas, tetap beraktivitas, otomatis terjadi peningkatan kasus,” kata Siti dalam acara Vaksin untuk Indonesia yang tayang di Metro TV, kemarin.

Siti menambahkan, adanya varian baru covid-19 yang beredar di Tanah Air turut berpotensi menambah beban kasus pandemi, selain mobilitas warga yang masih tinggi. Oleh sebab itu, dia meminta agar masyarakat tidak lengah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ditambah dengan vaksin yang tersedia secara gratis di fasilitas kesehatan.

“Kita terus sampaikan bahwa tetap terapkan protokol kesehatan, kurangi mobilitas, dan segera ambil vaksin karena vaksin menambah kekebalan tubuh kita,” ujarnya.

“Kalau ada rasa badan kurang sehat, segera tes karena dengan segera tes, bisa segera diobati dan pasti tidak akan menular ke orang lain,” tambahnya.

Dalam acara itu, penyanyi Yuni Shara mengatakan agar tubuh tetap sehat selama pandemi, perlu berolahraga dan menjaga kesehatan mental agar imun tetap terjaga.

“Kita harus menerima dulu bahwa ada satu keadaan baru yang kita harus adaptasi biar kita enggak stres, karena kalau kita stres, imun kita turun,” ujarnya.

Vaksin untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat pukul 20.05 WIB. Dalam program ini, Slank tak hanya menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan warga masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Aiw/X-10)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Sedang Isoman? Jangan Lupa Rutin Evaluasi Kondisi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:59 WIB
Evaluasi yang perlu Anda lakukan adalah mengecek suhu dengan termometer, saturasi oksigen dengan oximeter, perubahan gejala yang terjadi,...
BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya