Rabu 16 Juni 2021, 12:25 WIB

Cegah Kerumunan, Zona Merah dan Oranye Covid-19 Dilarang Adakan Kegiatan Keagamaan

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Cegah Kerumunan, Zona Merah dan Oranye Covid-19 Dilarang Adakan Kegiatan Keagamaan

Satgas Penanganan Covid-19
Sebaran zonasi risiko covid-19 terkini.

 

PADA 15 Juni 2021, pasien terkonfirmasi positif melalui metode pemeriksaan RT-PCR/TCM dan rapid antigen di Indonesia kembali bertambah 8.161 kasus dengan demikian total kasus covid-19 menjadi 1.927.708 kasus. Menteri Agama Republik Indonesia (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pedoman masyarakat dalam kegiatan di rumah ibadah sebagai upaya mitigasi penyebaran covid-19.

Melalui Surat Edaran No SE 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah itu, Menag berharap umat beragama tetap bisa menjalankan aktivitas ibadah sekaligus terjaga keselamatan jiwanya dengan cara menyesuaikan kondisi terkini di wilayahnya.  

"Kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan, dan sejenisnya di ruang serbaguna di lingkungan rumah ibadat dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai dengan kondisi memungkinkan," ujarnya dalam surat yang diterbitkan pada 15 Juni 2021 itu.

Selanjutnya, Menag menegaskan, kegiatan peribadatan di rumah ibadat di daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19, hanya boleh dilakukan oleh warga lingkungan setempat dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid- 19 secara ketat.

Untuk teknis pelaksanaannya, Kementerian Agama sudah mengatur hal tersebut melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE No 13 Tahun  2020 tentang Pelaksanaan Protokol Penanganan Covid-19 pada Rumah Ibadah.

Kepada jajarannya di tingkat pusat, Menag juga minta untuk melakukan pemantauan pelaksanaan surat edaran ini secara berjenjang. Demikian juga para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Penyuluh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan, dan pengurus rumah ibadat juga diinstruksikan melakukan pemantauan.

"Lakukan koordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Covid-19 setempat," pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

Dok. UNJ

UNJ Kukuhkan 3 Guru Besar dari 3 Fakultas 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:10 WIB
Tiga guru besar yang dikukuhkan, yaitu Wardani Rahayu yang dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan Matematika...
Antara

Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:38 WIB
Ketua Harian YAICI Arif Hidayat meyakini kehadiran bidan pada posyandu balita merupakan hal...
Ist

Mahasiswa Yarsi Terapkan Aplikasi SLiMS di TBM Bukit Duri Bercerita

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:35 WIB
SLiMS (Senayan Library Management System) adalah sistem otomasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya