Selasa 15 Juni 2021, 11:00 WIB

Kantor di Zona Merah Diminta Terapkan WFH 75 Persen

Indriyani Astuti | Humaniora
Kantor di Zona Merah Diminta Terapkan WFH 75 Persen

MI/M Fahrullah
Pekerja kantor

 

PEMERINTAH memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dimulai 15 Juni 2021 sampai dengan 28 Juni 2021. Hal itu ditegaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) No.13/2021 kepada kepala daerah di seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam Instruksi yang ditandatangani, Minggu (13/6), tempat kerja/perkantoran untuk Kabupaten/Kota yang berada dalam Zona Kuning dan Zona Oranye pembatasan dilakukan dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 50% dan Work From Office (WFO) sebesar 50%. Lalu untuk Kabupaten/Kota yang berada dalam Zona Merah pembatasan dilakukan dengan menerapkan WFH sebesar 75% dan WFO sebesar 25%.

"Pelaksanaan WFH dan WFO sebagaimana dimaksud dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat, pengaturan waktu kerja secara bergantian dan pada saat WFH tidak melakukan mobilisasi ke daerah lain," demikian bunyi instruksi yang diterima Media Indonesia, Selasa (15/6).

Untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, Kabupaten/Kota yang berada dalam Zona Kuning dan Zona Oranye melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pengaturan teknis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Sedangkan untuk Kabupaten/Kota yang berada dalam Zona Merah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring (online) dan pengaturan lebih lanjut ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Baca juga: Pemprov DKI Perpanjang PPKM Mikro Hingga 28 Juni

Dalam instruksi, disampaikan juga kegiatan restoran (makan/minum di tempat) sebesar 50% dan untuk layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Lalu, pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mall sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat disertai pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50%.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Satgas: Kepatuhan Memakai Masker dan Jaga Jarak Masih Kurang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 Juli 2021, 19:02 WIB
Padahal, di tengah penyebaran varian Delta yang lebih cepat menular, disiplin menerapkan protokol kesehatan berperan penting agar tidak...
MI/Susanto

Pedagang Pasar Antusias Ikut Vaksinasi Keliling NasDem

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:40 WIB
Pada Minggu (25/7) ini, mobil vaksinasi milik Partai NasDem menyasar wilayah Pasar Kebayoran Lama, Jakarta. Pedagang pun tampak antusias...
Antara

RSD Covid-19 Wisma Haji Pondok Gede Terima Ribuan Bantuan Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:13 WIB
RSD COVID-19 Wisma Haji merupakan salah satu rumah sakit darurat yang digagas oleh Pemerintah di awal Juli 2021 untuk membantu penanganan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya