Senin 17 Mei 2021, 19:53 WIB

Wisatawan Membludak, Sandiaga Sebut Pemda Bertindak Cepat

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Wisatawan Membludak, Sandiaga Sebut Pemda Bertindak Cepat

Antara/Asep Fathulrahman
Pemda menuutup tempat wisata untuk mengurangi potensi kerumunan

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai beberapa pemerintah daerah merespon cepat dalam masalah membludaknya tempat wisata saat lebaran tahun ini. 

Sejumlah tempat wisata seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, lalu destinasi wisata di Pangandaran dan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ditutup oleh pemda setempat lantaran kunjungan wisatawan yang melebihi kapasitas saat pembatasan diberlakukan.

"Alhamdulillah para pemda segera mengambil tindakan untuk yang terlalu tinggi (jumlah pengunjung) bisa ditutup sentra ekonomi kreatif dan pariwisata," ujar Sandiaga dalam kegiatan Eid Al Fitr Creative and Tourism Expo (ECTEXPO) 2021 yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara virtual, Senin (17/5).

Kemenparekraf mengizinkan tempat-tempat wisata dibuka saat libur lebaran sesuai izin dari gubernur daerah. Namun, Sandiaga menegaskan, ketentuan itu harus sesuai dengan aturan protokol kesehatan soal kapasitas pengunjung dan lainnya. 

"Kemarin begitu liburan adalah waktu yang dinantikan oleh pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata, yaitu kunjungan dari wisatawan saat lebaran. Tapi harus kita lakukan transformasi, tidak bisa membludak atau tidak menjaga protokol kesehatan," ucap Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : Pengunjung Wisata Prambanan Anjlok Saat Libur Lebaran

Dia pun meminta masyarakat luas dan MES untuk menggaungkan penerapan protokol kesehatan dengan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) kepada pelaku usaha wisata bagi yang belum mengimplementasi hal itu. 

"Sekarang kita harus melakukan persiapan protokol kesehatan. Oeh karena itu saya minta MES menyebarkan buku panduan CHSE ini untuk penyelenggaraan wisata, dan ekonomi kreatif, sehingga masyarakat dan penyelenggara ini terbiasa," tandasnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta misalnya, akhirnya melakukan penutupan sementara terhadap sejumlah tempat wisata. Di antaranya, Taman Impian Jaya Ancol, TMII serta Taman Margasatwa Ragunan dari Minggu (16/5) besok hingga Senin (17/5).

Adapun penutupan mengacu pada masa libur Lebaran. Langkah ini berdasarkan evaluasi terhadap lonjakan pengunjung pada 14-15 Mei lalu. Ancol misalnya, dikunjungi hingga 43 ribu orang pada Jumat, (14/5). (OL-7)

Baca Juga

Ist/Metro TV

Terus Belajar dari Karakter Sebuah Peran

👤Gana Buana 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:00 WIB
Christine Hakim pun yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia perfilman Indonesia tetap harus belajar mendalami sebuah karakter...
ANTARA

Kasus Harian Covid-19 di Karawang Naik Signifikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 04:26 WIB
Dari 1.157 keterisian tempat tidur rumah sakit untuk pasien COVID-19 di Karawang, tingkat keterisiannya telah mencapai 94,2...
Antara

Satgas: PPKM dan Lockdown Substansinya Sama

👤Ant 🕔Minggu 20 Juni 2021, 23:08 WIB
"Jangan dibenturkan antara kebijakan lockdown dengan pembatasan kegiatan masyarakat. Substansinya sama,"...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya