Minggu 16 Mei 2021, 18:45 WIB

Larangan Mudik, 36.468 Kendaraan Terindikasi Mudik Diputar Balik

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Larangan Mudik, 36.468 Kendaraan Terindikasi Mudik Diputar Balik

Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas berjaga di pos penyekatan pemudik di perbatasan Jawa tengah-Di Yogyakarta

 

POLRI telah memutarbalikkan 36.468 unit kendaraan terkait larangan mudik Lebaran 2021 di seluruh pos penyekatan dari Sumatera hingga Bali. 

Adapun kendaraan yang diperintahkan untuk putar balik karena terindikasi mudik. Dari jumlah tersebut 16.607 unit kendaraan, diantaranya roda dua, 16.388 unit roda empat, 284 unit roda dua penumpang dan 3.189 unit kendaraan barang. 

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan jumlah kendaraan yang diputarbalik hasil penyekatan di 22 titik pada ruas tol. 

Kemudian, 147 titik pada ruas non tol atau arteri dan 212 di ruas jalur alternatif. "Untuk total kendaraan yang diperiksa sebanyak 50.315 unit.  36.468 diantaranya diputarbalik karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan," papar Argo, Minggu (16/5). 

Baca juga : Ini Aturan Pengetatan Perjalanan Pasca Mudik Lebaran

Menurutnya, pihaknya juga melakukan rapid test disela-sela penyekatan. Dari 3.250 kali rapid test yang dilakukan kepada pemudik 24 dinyatakan positif. Sementara 3.226 orang  negatif. 

"Kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah pembagian masker kepada masyarakar. Untuk pembagian masker jumlah sebanyak 1.968 kali," ujar Argo. 

Untuk meminimalisir terjadi lonjakan penyebaran virus Covid-19, Polri, kata Argo telah memonitoring sejumlah telah wisata di Jakarta. Misalnya Ancol, TMII, Ragunan. Termasuk sejumlah tempat wisata di Jawa Barat seperti Pangadaran. 

"Hasil monitor dan pulbaket terkait situasi Kamtibmas dan arus lalin di lokasi wisata secara umum aman dan kondusif. Objek wisata pantai relatif kondusif tidak terdapat konsentrasi wisatawan yang melebihi batas normal," ungkap jenderal bintang dua itu. (OL-7)

Baca Juga

Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...
ANTARA/Idhad Zakaria

Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:30 WIB
Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi lapisan lengket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya