Selasa 11 Mei 2021, 11:20 WIB

Sandiaga : Yang Abai Prokes, Kita Potret Lalu Viralkan!

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga : Yang Abai Prokes, Kita Potret Lalu Viralkan!

ANTARA/Asep Fathulrahman
Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes) selama beraktivitas di luar rumah.

Dia bahkan mengajak masyarakat untuk memviralkan di media sosial jika ditemukan ada pelanggaran prokes oleh warga lain, baik di tempat wisata, tempat makan, atau tempat lainnya.

"Pokoknya kalau ada yang abai (prokes), kita potret terus upload (di media sosial). Lalu mention ke aparat, viralkan dan viralkan, sehingga kita sama-sama memantau," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5).

Baca juga: Kemenparekraf Targetkan Cetak 244 Desa Wisata Mandiri hingga 2024

Langkah tersebut, menurutnya, merupakan upaya pengawasan bersama dalam penerapan prokes selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro diberlakukan guna menekan penularan covid-19.

"Apalagi kalau ada yang foto-foto, (minta) lepas masker. Ini saya terus mengingatkan, begitu lepas maskernya proteksi utama mereka hilang. Saya butuh kerja sama semua pihak agar patuh dan ketat dalam protokol kesehatan," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga mengaku Kemenparekraf secara intensif berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan di tempat wisata atau hiburan.

Pihaknya tidak segan untuk merekomendasikan penutupan terhadap destinasi yang tidak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Tempat wisata yang abai (prokes) itu mungkin belum memahami sepenuhnya pentingnya prokes CHSE (cleanliness, health, safety, environment) di tengah pandemi saat ini. Kepatuhan kita ini menjadi kepastian agar destinasi wisata bukan menjadi pemicu klaster baru," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/haryanto mega

Kawal Izin Ivermectin, Erick Thohir dapat Apresiasi dari Moeldoko

👤Mediaindonesia 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:18 WIB
Tindakan tersebut didasari pengetahuan akurat dan keyakinan terhadap manfaat Ivermectin yang terbukti menurunkan jumlah penderita dan...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Jokowi Minta Rakyat Taati Prokes dengan Ketat

👤Andhika prasetyo 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:05 WIB
Pemerintah akan melakukan penguatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di sejumlah daerah...
Dok. Kemenkominfo

Pelatihan JARKOM Pertajam Tombak Komunikasi Pemerintah

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:54 WIB
Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo Sumiati mengatakan, peran humas Pemerintah ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya