Minggu 02 Mei 2021, 17:27 WIB

Pentingnya Memantau Tekanan Darah Saat Olahraga

Eni Kartinah | Humaniora
Pentingnya Memantau Tekanan Darah Saat Olahraga

Ist
Instagram Live bertema Bye Bye Darah Tinggi, Hello Olahraga, Minggu (2/5).

 

PARA dokter mengatakan sangat penting untuk sebelum atau sesudah olahraga mengecek tekanan darah dan elektro kardio gram (EKG).

Perlu diketahui bahwa EKG adalah tes untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik (elektrokardiograf).

“Olahraga bagus untuk jantung dan tekanan darah, tapi harus diperhatikan. Kalau kita memaksakan bisa menaikkan tekanan darah dan melampaui batas kemampuan,” kata dr. Michael Triangto, SpKO, pada Instagram Live yang bertema bertema "Bye Bye Darah Tinggi, Hello Olahraga" yang digelar Good Doctor dan Samsung, Minggu (2/5).

“Dengan kenaikan tekanan darah bisa menimbulkan gangguan kesehatan, bahkan kematian. Jadi kita harus mengetahui tujuan kita berolahraga untuk apa dan sampai mana batas kemampuan kita,” jelas dr.Michael

Menurut dr.Michael, faktor monitoring itu sangat penting bagi olahraga itu sendiri. “Apakah sudah tepat atau apakah melampaui batas? Apakah memberikan hasil? Sehingga kalau ada hal berbahaya, kita bisa hentikan saat itu juga dan bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Adhiatma Gunawan dari Good Doctor menjelaskan seberapa penting sih memantau tekanan darah?

“Salah satu kunci sukses pengobatan untuk penyakit kronis seperti hipertensi adalah monitoring, yang dilakukan secara regular. Dengan wearable device, monitoring bisa dilakukan sendiri, mudah, dan bisa dilakukan teratur,” katanya

“Hasil monitoring bisa direkam secara berkala. Ini akan menjadi data yang menarik untuk dianalisis oleh dokter yang memeriksanya,” jelas dr.Adhiatma.

Pada kesempatan yang sama, Product Marketing Samsung Indonesia Leo Hendarto mengatakan,”Sekarang kita tidak perlu ngecek tekanan darah dan EKG ke rumah sakit”

 “Kita ingin menyamapaikan berita sangat gembira bagi masyarakat Indonesia karena  bisa cek tekanan darah dan EKD dengan device wearable dari Samsung. Ada dua device yang bisa mengecek tekanan darah dan EKG, yaitu Samsung Galaxy Watch3 dan Samsung Watch Active2,” katanya.

Device ini sudah diluncurkan sejak tahun lalu tapi untuk pengukuran tekanan darah dan EKG masih menunggu approval dari FDA (United States Food and Drug Administration) dan sekarang sudah didapatkan. “Jadi kita beruntung, Indonesia sebagai salah satu negara yang bisa menikmati fitur ini,” katanya .

Untuk mengecek tekanan darah dan EKG, bisa dilakukan dengan device ini. Terutama untuk pasien yang punya masalah tekanan darah atau jantung, bisa memeriksanya di pergelangan tangan.

“Jadi lebih mudah memonitor sepanjang hari serta bisa mendeteksi lebih awal ketika ada tanda-tanda kelainan. Sehingga penanganannya bisa lebih dini teratasi,” jelas Leo.

Untuk para pengguna Samsung galaxy watch, Samsung menyampaikan juga sekarang sudah bisa update software dan otomatis terinstal Samsung health monitor di jam tangan atau watch. Untuk mengecek tekanan darah, penggunaan pertama harus dikalibrasi bisa menggunakan tensi meter.

Tapi untuk pengguna Samsung Galaxy watch yang tidak memiliki tensi meter di semua Samsung experience store sudah tersedia alat tensi meter untuk melakukan kalibrasi.

 Jika sudah dikalibrasi, pengukuran tekanan darah mudah tinggal dipasang Galaxy Watch di pergelangan dan duduk dengan rileks. Pengukuran tekanan darah ini bisa dilakukan tanpa tambahan alat.

Sekarang mudah sekali untuk mengecek tekanan darahn EKG bisa di mana saja dan kapan saja. Apalagi mungkin ada orang yang tidak sadar memiliki masalah jantung, sehingga penting untuk mengecek tekanan darah sebelum berolahraga.

“Kita ingin orang lebih sering melakukan pengecekan tekanan darah dan EKG dengan menggunakan Galaxy Watch,” jelasnya.

“Kebetulan bulan ini kita bekerja sama dengan Good Doctor, untuk setiap pembelian Galaxy Watch bisa mendapatkan konsultasi gratis dan obat yang diresepkan selama 1 tahun, unlimited. Kode promo: WATCHXGD,”papar Leo.

Sementara itu, artis  Mikha Tambayong mengatakan,”Aku sudah dari dulu sport enthusiast, selain untuk kesehatan diri sendiri tapi juga suka dengan rutinitas olahraga. Sekarang sekitar 3-4 kali olahraga, kadang ikut kelas di luar atau di rumah.”

“ Sebenarnya aku suka olahraga yang high intensity, high pace, sebelum pandemi rutin boxing atau kelas-kelas yang bikin capek. Tapi semenjak pandemi tidak bisa ke mana-mana jadi home workout, lagi rajin pilates. Walau hanya 30 menit  sudah bikin capek. Kalau tidak bisa keluar rumah, paling jogging aja di sekitar rumah,” paparnya.

Sekarang sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia, Mikha memotivasi untuk lebih aware dengan olahraga, nutrisi yang dikonsumsi dan merasa dampak yang baik banget untuk diri sendiri. Jadi semakin suka dan melakukannya dengan rutin.

"Seperti yang dibilang dokter Michael, kalau lagi capek, tidak terlalu memaksakan, ringan-ringan tapi tetap ada impactnya buat diri sendiri. Sangat mindful dengan badan, kalau badan tidak sedang fit untuk high intensity jadi paling yoga saja,” tuturnya. (Nik/OL-09)

 

Baca Juga

DOK KEMENSOS

Penyerahan Bansos Butuh Proses dan Waktu serta Padan dengan NIK

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:12 WIB
Setiap warga KAT SAD di Provinsi Jambi secara bertahap telah, sedang dan terus melakukan perekaman data agar bisa mendapatkan...
ANTARA/ Dedhez Anggara

Pelarangan Mudik Diputuskan Berdasar Data

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 09:50 WIB
Seseorang yang telah membawa dokumen hasil negatif covid-19 sekalipun masih dapat tertular oleh orang lain ketika melakukan...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Menteri LHK dan Menteri KKP Kolaborasi Untuk Blue Carbon Bermutu

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 09:36 WIB
Ekosistem Blue Carbon yang didalamnya berupa ekosistem pesisir terutama mangrove, padang lamun dan kawasan rawa payau merupakan ekosistem...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya