Rabu 07 April 2021, 11:03 WIB

Menkes Atur Ulang Distribusi Vaksin Covid-19

Nur Azizah | Humaniora
Menkes Atur Ulang Distribusi Vaksin Covid-19

ANTARA/Makna Zaezar
Petugas menyuntikan vaksin covid-19 kepada seorang guru di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatur ulang laju distribusi vaksin covid-19 di Tanah Air. Distribusi vaksin akan disesuaikan dengan jumlah stok vaksin.

"Kita atur kembali karena vaksinnya yang berkurang suplainya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (7/4).

Budi mengatakan laju vaksinasi covid-19 tidak secepat sebelumnya. Pasalnya, telah terjadi embargo di beberapa negara produsen vaksin.

Baca juga: Ulama MUI Pusat Disuntik Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Seperti negara-negara di Eropa dan beberapa negara di Asia seperti India, Filipina, Papua Nugini. Amerika Serikat juga melakukan embargo vaksinasi lantaran terjadi lonjakan covid-19.

"Akibatnya, negara-negara yang memproduksi vaksin di lokasi tersebut mengarahkan agar produksi vaksinnya tidak boleh diekspor, hanya boleh dipakai di negara masing-masing," ujar Budi.

Hal itu mempengaruhi ratusan negara di dunia termasuk Indonesia. Sehingga jumlah vaksin yang tadinya tersedia untuk Maret dan April masing-masing 15 juta dosis atau total 30 juta dosis hanya bisa dapat 20 juta dosis.

Terkait keterbatasan suplai vaksin, lanjut Budi, prioritas penerima vaksinasi mesti diperjelas. Prioritas diatur berdasarkan risiko terpapar.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan menunjukkan dari 1,5 juta yang terpapar, 10% di antaranya kelompok lansia. Sementara dari pasien yang wafat, 50% adalah lansia.

"Oleh karena itu, dengan adanya keterbatasan vaksin pada April ini akan diarahkan untuk disuntikkan kepada lansia," ujarnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Balai POM NTT Uji Sampel Takjil

👤PO/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:30 WIB
BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan uji terhadap puluhan sampel takjil untuk berbuka puasa,...
Dok. Ist

Bayar Zakat secara Digital Tetap Sah

👤Ant/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:25 WIB
ZAKAT adalah kewajiban untuk semua umat muslim yang punya kemampuan, berasal dari harta yang halal dan memiliki ukuran tertentu serta waktu...
MI/Seno

Mengenal Alam Mitsal

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Jumat 23 April 2021, 05:20 WIB
Kekuatan apa yang dimiliki Nabi sehingga bisa mendengarkan dan memahami sesuatu yang menurut orang lain itu wilayah alam gaib? Apakah hanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya