Minggu 07 Maret 2021, 12:05 WIB

Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone

Zubaedah Hanum | Humaniora
Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menyatakan, penggunaan internet di Indonesia sangat tinggi. Hal itu didorong  oleh tarif internet yang murah, dan banyaknya jumlah pengguna ponsel pintar mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk Indonesia.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M Ramli menyampaikan hal itu dalam diskusi Satu Jam Berbincang Ilmu : Polemik UU ITE pada Sabtu (6/3), seperti dilansir dari laman Unpad.

Bila dilihat berdasarkan usia, terang Ramli, rata-rata jumlah pengguna media sosial di Indonesia berkisar antara usia 25 – 34 tahun.

Wacana usia minimal

Akan tetapi, imbuh Ramli, pandemi Covid-19 ternyata menyebabkan penurunan batas usia minimal pengguna media sosial di Indonesia. “Efek sekolah daring menyebabkan usia minimal pengguna medsos di Indonesia turun hingga usia 6 tahun,” kata Ramli yang juga guru besar cyber law, hukum kekayaan intelektual dan hukum perdata internasional Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran itu.

Karena itulah, Ramli memandang penting regulasi wacana usia minimal. Namun, aktivitas pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemi covid-19 mau tidak mau mendorong anak mengakses banyak informasi dari internet, salah satunya media sosial.

Ramli pun mendorong adanya pendampingan bagi anak usia sekolah saat mengakses internet. Pendampingan orang tua berperan penting dalam mencegah meningkatnya sikap tidak sopan, perundungan, maupun akses terhadap konten yang tidak layak.

Paling tidak sopan

Laporan “Digital Civility Index” yang dirilis Microsoft, akhir Februari 2021 lalu menjadi salah satu alasan, pentingnya pendampingan anak dalam berinteraksi dengan internet. Dalam laporan itu, Ramli menyebutkan, saat ini Indonesia ditempatkan sebagai negara dengan tingkat kesopanan pengguna internet terendah di Asia Tenggara.

Laporan ini, kata Ramli, harus menjadi cerminan bagi pemerintah untuk mulai menata ekosistem pengguna internet yang baik. Selain infrastruktur, pemerintah juga perlu membangun ekosistem internet yang sehat.

“Kita bangun sinyal sedemikian rupa hebatnya, sehingga semua bisa terkoneksi. Ekosistem juga harus kita bangun, sosial budaya dan etika harus kita jaga,” ungkap Ramli.

Penerapan etika dalam menggunakan internet harus dilakukan oleh setiap pengguna internet di Indonesia. Jika etika dijaga dengan baik, Indonesia akan lepas dari negara dengan tingkat kesopanan terendah di jagat internet. (H-2)

Baca Juga

Ist

Tetap Fit dan Aktif Saat Puasa dengan Meniru Gerakan Hewan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 18:49 WIB
Internasional trainer Agnes Julianto mengatakan Animal Flow dapat meningkatkan fleksibilitas persendian dan daya tahan tubuh selama...
DOK MUI

Perempuan Harus Lebih Kreatif Manfaatkan Platform Digital

👤Widhoroso 🕔Minggu 11 April 2021, 18:17 WIB
Perempuan dinilai memiliki peran besar untuk pemulihan ekonomi di era pandemi Covid...
Antara

Presiden Ingatkan Pentingnya Siaga Bencana

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 11 April 2021, 18:13 WIB
Apalagi, Indonesia berada di wilayah cincin api atau ring of fire, yang rentan terhadap potensi bencana alam. Seperti, letusan gunung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya