Senin 25 Januari 2021, 03:20 WIB

Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

ANTARA/Fauzan
Sejumlah tenaga kesehatan bersiap sebelum melakukan perawatan terhadap pasien covid-19 di RSD Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (22/1).

 

REAKSI kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) dari penyuntikan dosis pertama selama 2 minggu ini masih dalam kajian. Tidak ada laporan para tenaga kesehatan yang disuntik pertama mengalami KIPI dengan gejala berat.

"Sampai saat ini KIPI masih dalam kajian di komda kab/kota masing-masing terkait adanya laporan KIPI," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi kepada Media Indonesia, Minggu (24/1).

Nadia menjelaskan tidak ada laporan para nakes yang disuntik pertama mengalami KIPI dengan gejala berat. "Tapi ini akan dikaji dulu sebelum dipastikan. Penanganan sudah dilakukan dan sebagai besar termasuk gejala ringan," sebutnya.

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari mengatakan bahwa reaksi anafilaktik akibat vaksinasi sangat jarang terjadi. Dari satu juta dosis, terjadi sebanyak 1 atau 2 kasus. Selain disebabkan Vaksin, reaksi Anafilaktik juga bisa terjadi akibat faktor lain.

“Anafilaktik dapat terjadi terhadap semua vaksin, terhadap antibiotik, terhadap kacang, terhadap nasi juga bisa, terhadap zat kimia juga bisa,” katanya pada Konferensi Pers secara virtual, Sabtu (23/1).

Sebagai tambahan informasi, anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat. Syok Anafilaktik membutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat.(OL-14)

Baca Juga

ANTARA/ABRIAWAN ABHE

Vaksin Rekombinan Covid-19 Anhui Siap Uji Klinis Fase III

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 03 Maret 2021, 09:20 WIB
Vaksin Covid-19 Anhui dikembangkan dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke...
Dok tangkapan layar diskusi virtual

Kunci Tangani Pandemi, Pemerintah dan Masyarakat Harus Kerja Sama

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 03 Maret 2021, 06:19 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menegaskan  suksesnya Indonesia menangani covid-19 dengan adanya kerja sama...
DOK Pribadi

Memberi Motivasi dan Inspirasi Melalui Buku

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 02:20 WIB
Kegagalan bukan menjadi akhir dari segalanya. Dengan kerja keras tanpa kenal lelah serta optimisme, kegagalan yang dialami pada akhirnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya