Minggu 24 Januari 2021, 08:50 WIB

Sederet Vitamin yang Baik Dikonsumsi selama Pandemi Covid-19

Zubaedah Hanum | Humaniora
Sederet Vitamin yang Baik Dikonsumsi selama Pandemi Covid-19

123RF
Ilustrasi

 

SEJUMLAH pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit kerap mengungkapkan banyaknya obat dan suplemen yang mereka minum setiap harinya untuk memulihkan kesehatan mereka dan membantu menguatkan sistem imunitas tubuh.

Namun, sebenarnya menjaga sistem imunitas tubuh sangat diperlukan, tidak hanya karena pandemi covid-19 masih berlanjut, namun juga karena datangnya musim hujan seperti sekarang ini.

Berikut ini adalah 4 vitamin yang dibutuhkan untuk mendukung sistem imun agar tetap sehat seperti dilansir Insider:
 
1. Vitamin C

“Vitamin C sangat penting untuk fungsi imun yang sehat. Vitamin C dapat membunuh mikroba berbahaya, termasuk bakteri dan virus seperti flu dan pnemuomonia,” kata D’Adamo, PhD, seorang ahli epidemiologi dan direktur Center for Integrative Medicine di University of Maryland School of Medicine.

Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi tubuh terhadap sel-sel imun yang penting. Termasuk sel darah putih dan fagosit, yang merupakan sel pembunuh bakteri dengan cara menyerapnya.
 
2. Vitamin B6

Tubuh kita membutuhkan vitamin B6 untuk membuat sel imun yang dapat membantu tubuh melawan mikroba berbahaya. Selain itu, vitamin B6 juga membantu prodiksui sel T,-jenis sel imun yang dapat membantu membunuh sel yang terinfeksi pada tubuh dan mengaktifkan respons sistem imun.

Wanita harus mendapatakan sekitar 1,2 mg vitamin B6 setiap harinya, sedangkan pria 1,4mg. Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 di antaranya kentang, tuna, pisang, ayam, dan kale.
 
3. Vitamin D

Kekurangan vitamin D membuat tubuhmu lebih rentan terkena infeksi pernapasan seperti pneumonia dan bronkitis. Kondisi Ini terjadi karena vitamin D meningkatkan jumlah sel makrofag, yang merupakan sel imun untuk membunuh sel-sel penyakit yang menyerang tubuh.

“Vitamin D juga dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi produksi bahan kimia yang disebut sitokin inflamasi, yang dapat memperburuk gejala ketika diproduksi terlalu banyak,” kata D'Adamo.
 
4. Vitamin E

Vitamin E memiliki kemampuan antioksidan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu sel untuk menlawan molekul zat radikal bebas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Asupan vitamin E yang paling baik adalah dari bahan makanan seperti ikan trout, paprika merah, alpukat, minyak biji bunga matahari, dan almond. Dengan mendapatkan dari alam, tubuh akan mendapatkan manfaat antioksidan lebih banyak. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

ANTARA

Menag: Haji 2021 Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 03:55 WIB
Pelaksanaan ibadah haji tahun ini masih menunggu keputusan pemerintah Arab...
ANTARA

Pemerintah Diminta Tak Tergesa-gesa Gelar Pembelajaran Tatap Muka

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 03:45 WIB
Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta pemerintah tidak tergesa-gesa gelar pembelajaran tatap...
ANTARA

BPOM Diminta Keluarkan Aturan BPA Galon Air Guna Ulang

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 02:00 WIB
Badan Pengawas Obat dan  Makanan (BPOM) agar mengeluarkan aturan label peringatan konsumen galon guna ulang yang mengandung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya