Jumat 11 Desember 2020, 17:40 WIB

Sertifikasi Pesawat N219 Diharapkan Sebelum Akhir 2020

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Sertifikasi Pesawat N219 Diharapkan Sebelum Akhir 2020

Antara/Aloysius Jarot
Seorang pilot menjelaskan pesawat N219 kepada sejumlah siswa di Lanud Adi Soemarmo, Jawa Tengah.

 

PESAWAT amfibi N219 diharapkan mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan sebelum akhir tahun. Sehingga, pesawat buatan Indonesia dapat dikomersialiasi pada 2021.

“Harapannya, sebelum tutup tahun sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. Tahun depan N219 sudah bisa dipakai secara luas,” ujar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro dalam diskusi virtual, Jumat (11/12).

Pesawat N219 merupakan satu dari empat inovasi superprioritas nasional. Adapun tiga lainnya ialah inovasi integrasi industri garam dari hulu ke hilir, katalis Merah Putih untuk mendukung bahan bakar nabati, kemudian drone tempur Elang Hitam.

Bambang mengatakan pesawat N219 tetap menjadi bagian dari Prioritas Riset Nasional (PRN). Walaupun berbagai riset dan inovasi saat ini mengarah pada penanganan pandemi covid-19.

Baca juga: Setelah N250, Menristek Pastikan Pengembangan Pesawat Berlanjut

“Kelanjutan PRN, meski sekarang sebagian besar sumber daya dialihkan ke penanganan covid-19. Tapi riset terkait bidang lain termasuk PRN, tetap berjalan,” pungkasnya.

Pesawat N219 disebutnya akan menjadi sejarah baru di Indonesia. Sebab pengerjaan dari nol dilakukan sepenuhnya oleh anak bangsa. Tidak hanya itu, sertifikasi laik pakai juga pertama kali akan dilakukan Kementerian Perhubungan.

“Ini salah satu pesawat yang dikembangkan 100% oleh putra-putri terbaik kita. Dilakukan manufacturing-nya sampai fungsi integrator terakhir oleh PT DI. Sehingga, lahir pesawat yang benar-benar dibuat di Indonesia,” tutup Bambang.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Waspada Omikron, Satgas Ingatkan Kelompok Rentan Kurangi Interaksi

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:35 WIB
Menurut Kemenkes, hingga Kamis pagi total ada 882 kasus infeksi varian omikron di...
Dok. Okwifood

Kolaborasi dengan BRIN, Okwi Food SIap Bawa Cita Rasa Kuliner Indonesia Mendunia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:33 WIB
Okwi Food yang dibesut oleh anak-anak muda Lampung, optimistis mampu mengambil peran sebagai pihak pengembang kuliner usaha mikro kecil...
Antara/Mohammad Hamzah

Anggaran Berkurang, Menko PMK Tegaskan Tetap Maksimal Tangani Masalah Stunting 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:53 WIB
“Presiden telah mendelegasikan wewenang sepenuhnya kepada BKKBN, jadi saat ini lebih pada peningkatan performa, bujet akan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya