Kamis 03 Desember 2020, 22:07 WIB

Inkubator Bisnis Berperan Penting Tumbuhkan Kewirausahan

Bayu Anggoro | Humaniora
Inkubator Bisnis Berperan Penting Tumbuhkan Kewirausahan

MI/Romy
Menristek Bambang Brodjonegoro

 

INKUBATOR bisnis di Indonesia sangat dibutuhkan untuk mendukung dan menumbuhkembangkan kewirausahaan khususnya bagi pemula. Keberadaannya harus didukung melalui berbagai penguatan agar mampu melahirkan wirausahawan unggul.

Hal ini disampaikan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro saat meluncurkan Digital Incubator Playbook. Peluncuran buku yang disusun Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Indonesia (MIKTI) ini dilakukan secara virtual, Selasa (1/12).

Bambang mengatakan, bentuk penguatan inkubator salah satunya dilakukan dengan hadirnya buku tersebut. Sebab, menurutnya digital incubator  playbook yang terdiri dari 221 halaman ini bisa menjadi panduan bagi inkubator dalam mengasah para usahawan baru. "Inkubator perannya sangat dibutuhkan membentuk start-up baru," kata.

Bambang menjelaskan, peluang ekosistem start-up di dunia mencapai 3 triliun dollar Amerika. Indonesia khususnya Jakarta, menurutnya menempati peringkat dua emerging ekosistem di dunia. Capaian ini lebih baik dibanding Kuala Lumpur, Manila, dan Bangkok.

Namun, tambah Bambang, peluang di dalam negeri ini belum diimbangi dengan jumlah wirausahawan yang saat ini baru mencapai 3% dari jumlah penduduk."Masih banyak orang kita yang berorientasi jadi pekerja dibanding berusaha," jelasnya.

Melalui hadirnya inkubator yang diberi penguatan, Bambang berharap semakin banyak wirausahawan baru yang lahir. "Di sinilah inkubator berperan. Harus mampu membimbing dan memberi pemahaman sehingga kewirausahaan di Indonesia dapat jadi arus utama," katanya.

Ketua Umum MIKTI, Joddy Hernandy, Kamis (3/12) mengatakan digital incubator playbook ini merupakan buku yang berisi panduan bagi inkubator bisnis digital di Indonesia. Panduan diberikan mulai dari merancang, mengelola, hingga mengevaluasi seluruh proses bisnis dalam inkubator.

"Buku ini merupakan ekstraksi pengetahuan dan pengalaman pengelolaan inkubator bisnis digital MIKTI yang dilengkapi dengan perspektif dari berbagai pihak lainnya," kata dia.

Diharapkan hadirnya buku ini bisa memberi pengetahuan dan pengalaman yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang akan menginkubasi bisnis digital. "Sehingga bisa memunculkan start-up berkualitas. Kami siap bekerjasama  dengan semua pihak agar Indonesia lebih maju dan berdaya saing dengan  teknologi yang ada saat ini," katanya. (R-1)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya