Sabtu 28 November 2020, 02:10 WIB

Ekstrak Herbal Bantu Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Ekstrak Herbal Bantu Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Dok. Mustika Ratu
Herbamuno+

 

SISTEM daya tahan tubuh menjadi sangat penting di tengah pandemi maupun perubahan cuaca ekstrim yang sering terjadi di Indonesia.  Agar memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan telah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

Menurut Telly Kamelia dari Divisi Pulmonologi Depertemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang agar terhindar dari serangan bakteri dan virus adalah menjaga daya tahan tubuh tetap bugar dan prima dengan mengonsumsi suplemen kesehatan dan obat herbal," katanya.

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal yang memberikan manfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan bakteri dan virus. Ekstrak herbal pun kini semakin sering diproduksi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Salah satunya immunomodulator bernama Herbamuno+ yang dikembangkan oleh PT. Mustika Ratu. Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Kusuma Ida Anjani mengatakan, produk herbal itu mengkombinasikan science, technology & nature dalam satu produk serta telah mendapat izin edar dari BPOM RI.

Baca juga : Aplikasi Detak Awasi Keluhan Penderita Jantung

Suplemen herbal itu terbuat dari racikan 5 bahan alami Indonesia yaitu Sambiloto, Akar Manis, Meniran, Jahe Emprit dan Daun Jambu Mete. Kombinasi 5 bahan alami ini menciptakan sebuah racikan yang optimal serta memiliki fungsi antinyeri, antiradang, hepatoprotektor, bronkodilator dan gastroprotektor.

"Selain itu, juga bermanfaat untuk membantu meredakan gejala badan meriang, mual, perut kembung, pusing dan batuk. Dan ternyata, 5 bahan alami yang terkandung dalam Herbamuno+ sudah dikaji dalam buku Alam Sumber Kesehatan yang ditulis oleh DR. BRA Mooryati Soedibyo, Sang Empu Jamu lebih dari 20 tahun yang lalu," kata Ida.

Kusuma Ida menegsaskan, Produk Herbamuno+ merupakan produk yang simpel dan praktis, dikemas dalam bentuk strip yang terdiri dari 4 kaplet, dimana setiap kaplet memiliki kandungan tumbuhan herbal. Pihaknya percaya segala hal yang terkandung dari alam Indonesia dapat memberikan kebaikan bagi manusia.

"Dalam pengembangan dan penelitian produk Herbamuno+, kami memadukan kebaikan alam Indonesia dan teknologi terkini serta didukung dengan innovation team yang solid, terdiri dari tim internal Research & Development dan tim New Product Development yang merupakan gabungan dari profesi Pharmacist, Chemist, Microbiologist dan Dokter. Mustika Ratu juga bekerja sama dengan pihak eksternal yang terdiri dari multiklinisi yang ahli di bidangnya," jelasnya.

Dalam tiap dus Herbamuno+ berisikan 12 strip, dengan harga tiap dus Rp120 ribu atau harga setiap 1 strip Rp10 ribuProduk ini bisa didapatkan oleh masyarakat melalui apotek, toko obat, dan toko resmi Mustika Ratu di platform e-commerce. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Hingga 18 Januari Cakupan Vaksinasi Nasional Capai 300 Juta Dosis

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 06:32 WIB
JUBIR Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan cakupan vaksinasi nasional covid-19 tembus lebih dari 300...
dok.Baznas

Erick Thohir Intruksikan BUMN Konsolidasikan Zakat Melalui BAZNAS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 05:43 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir perintahkan seluruh direksi BUMN mendukung program tatakelola zakat sesuai dengan perundang-undangan zakat...
Antara

Tren Kasus Omikron dari Perjalanan Luar Negeri Meningkat Sejak Awal Tahun

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:34 WIB
Kasus positif dari PPLN menyumbang 60 persen dari total kasus di DKI...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya