Selasa 24 November 2020, 15:01 WIB

Hari Guru Nasional, Komed Gelar Lomba Cipta Pembelajaran Nasional

mediaindonesia.com | Humaniora
Hari Guru Nasional, Komed Gelar Lomba Cipta Pembelajaran Nasional

Antara/Raisan Alfarisi
Ilustrasi siswa belajar secara daring. LCMP digelar secara online dengan mengambil tema “Tetap Aktif dan Kreatif di Tengah Pandemi”.

 

DALAM rangka memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November 2020, Komunitas Media Pembelajaran (Komed) melaksanakan rangkaian kegiatan Lomba Cipta Media Pembelajaran (LCMP) secara nasional dimulai pada akhir bulan Oktober 2020 hingga 25 November 2020.

LCMP merupakan kegiatan tahunan Komed yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjadi ruang belajar dan berkreasi bagi guru-guru Indonesia. Komed mendorong guru untuk aktif berkreasi dan belajar, tidak hanya fokus pada kompetisi semata. Oleh sebab itu, guru-guru yang mendaftarkan diri diberikan banyak pembekalan.

LCMP Nasional kali ini ditujukan untuk guru-guru dari berbagai jenjang dan tidak terbatas wilayah geografis. Semua guru dari jenjang PAUD/TK/Sederajat, SD/MI/sederajat dan SMP-SMA/Sederajat dari berbagai wilayah Indonesia diperbolehkan mengikuti rangkaian kegiatan LCMP Nasional ini.

Peserta terdaftar boleh hanya mengikuti pelatihannya saja, lombanya saja, acara pameran saja ataupun mengikuti keseluruhan rangkaian acara yang diselenggarakan. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara LCMP ini terselenggara secara online dengan mengambil tema “Tetap Aktif dan Kreatif di Tengah Pandemi”.

Peserta lomba akan mengirimkan berkas karyanya melalui email. Pelaksanaannya pun dilakukan selama berhari-hari. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta pelatihan dan juga pemberian pelatihan kepada 600an guru.

Tiga materi pelatihan yang diberikan saat acara LCMP ini seputar media pembelajaran, yaitu Pembuatan Video Pembelajaran, Pembuatan  Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Slide dan Pembuatan Poster Pembelajaran menggunakan aplikasi Canva.

Tiga materi tersebut telah diberikan pada 26-27 Oktober 2020 melalui kelas zoom us dan YouTube. Materi pelatihan diberikan dengan harapan dapat memberikan keterampilan tambahan pada guru yang nanti akan ikut Lomba Cipta Media.

Adapun pengumpulan berkas lomba dilakukan pada 2-22 November 2020, di mana peserta wajib menuliskan deskripsi terkait media pembelajaran pada formulir yang telah disediakan, peserta pun wajib mengumpulkan video terkait media pembelajaran untuk kemudian dipuload di Youtube. Terdapat 120 peserta lomba terdaftar.

Dari total peserta terdaftar, dewan juri menyeleksi berkas tersebut menjadi 15 nomine. Peserta yang masuk nominasi melakukan desiminasi/presentasi langsung di depan tiga dewan juri. Desiminasi 15 peserta tersebut dilakukan pada 22-23 November 2020 melalui zoom, setiap peserta menyiapkan presentasi terbaiknya.

Pada LCMP Nasional kali ini banyak sekali kreasi media pembelajaran hasil inovasi para guru. Guru-guru banyak memanfaatkan aplikasi gratis untuk menciptakan berbagai media pembelajaran, terutama media pembelajaran digital.

Ada yang membuat media pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi digital, ada yang menggunakan Google Slide untuk membuat media, ada yang membuat video pembelajaran dan ada pula yang menggunakan media sederhana yang digunakan saat konsultasi belajar. Prinsipnya media pembelajaran karya peserta ini harus sudah digunakan saat pembelajaran di masa pandemi.

Terselenggaranya acara LCMP Nasional ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak dan mitra, KOMED bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Kementrian Agama, Kabupaten Bogor, PGRI, Komunitas Guru Belajar Nasional, Kampus Guru Cikal dan juga disponsori oleh Wardah.

Guru yang mendaftarkan diri pun terdiri dari dari berbagai jenjang dan berbagai wilayah. Pendaftar tidak hanya guru-guru yang berasal dari pulau Sumatera dan Jawa, adapula yang dari pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Puncak kegiatan LCMP Nasional ini ditutup dengan acara pameran media pembelajaran Karya KOMED, terdapat 8 karya yang dipresentasikan secara langsung oleh para pengurus Komed dan terdapat ratusan karya media pembelajaran yang dipamerkan.

 Acara yang berlangsung pada Rabu, 25 November 2020 ini diikuti ratusan peserta melalui zoom us ataupun YouTube. Terselenggaranya acara puncak LCMP Nasional pada tanggal tersebut dimaksudkan untuk merayakan Hari Guru Nasional.

“Karya guru yang ditampilkan merupakan salah satu upaya untuk menghargai kreasi dan karya para guru” ujar Nurul Aeni selaku Ketua Panitia LCMP Nasional tersebut. Selanjutnya pada tanggal ini pula, panitia LCM mengumumkan pemenang Lomba.

Pemenang Lomba terdiri dari juara 1, 2, 3 dan harapan 1 dan harapan 2 untuk kategori karya Guru PAUD/TK/sederajat, SD/MI/sederajat dan SMP-SMA/sederajat. Peserta antusias dan senang selama penyelenggaraan kegiatan LCMP ini. Tidak hanya kompetisi yang mereka ikuti, namun banyak materi dan pembelajaran yang guru-guru dapatkan.

“Acara LCMP Nasional ini tentu tidaklah berjalan sempurna yang diharapkan, pastinya ada kendala teknis yang terjadi. Panitia akan melakukan evaluasi dan refleksi agar penyelanggaraan acara di tahun depan akan lebih baik lagi,”tutur Mulyadi Saputera selaku penanggung jawab utama kegiatan LCMP. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Budhiana

Hadapi 1 Juta Kasus Covid-19, NasDem Waspadai Kegiatan Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:08 WIB
Kemenparekraf harus memastikan tempat-tempat wisata mematuhi protokol...
Ist

Inovasi New Normal untuk Industri Perhotelan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:40 WIB
Inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah...
Antgara/M.RIsyal Hidayat

Dukung Penerapan GeNose di Kereta, Pengamat : Praktis dan Murah  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:04 WIB
Menurutnya, pemakaian GeNose akan menguntungkan masyarakat, karena harga yang dipatok dianggap murah sekitar Rp20 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya