Kamis 29 Oktober 2020, 11:35 WIB

1.542 Relawan Vaksin Covid-19 Telah Dapatkan Suntikan Kedua

Atalya Puspa | Humaniora
1.542 Relawan Vaksin Covid-19 Telah Dapatkan Suntikan Kedua

ANTARA/ Indriyanto Eko.S
VAKSIN COVID-19: Mantan Dirjen P3 Kemenkes Achmad Yurianto memberikan keterangan pers mengenai perkembangan vaksin covid-19 di Jakarta.

 

SEBANYAK 1.542 relawan uji coba vaksin covid-19 fase 3 di Indonesia telah mendapatkan suntikan kedua, 843 diantarnya telah diambil darahnya untuk dipantau proses pembentukan antibodi. Hingga saat ini tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang berat atau serius diantara relawan-relawan vaksin covid-19.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Kusmaidi Rusmil mengungkapkan hal itu saat ditanya Media Indonesia, Kamis (29/10). "Kondisinya akan terus dipantau. Nanti akan diambil darah di periksa lagi. Yaitu dua minggu, 3 bulan, dan 6 bulan setelah imunisasi kedua," kata Kusmaidi.

Terpisah, Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir berharap uji klinis tahap 3 ini dapat dilaporkan hasilnya pada Januari mendatang kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tujuannya, agar BPOM dapat segera mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin covid-19 di Indonesia.

Saat ini tim dari PT Bio Farma, BPOM, dan Kementerian Kesehatan tengah mengunjungi pabrik pembuatan vaksin di Tiongkok untuk memastikan keamanan produksinya.

"Jadi harapannya untuk semua vaksin yang masuk ke Indonesia sudah melalui proses rangkaian berkualitas. Yang penting adalah harus mampu memenuhi kriteria safety, efikasi, dan halal," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech, Tiongkok, tengah melangsungkan uji klinis vaksin covid-19 fase 3 di Indonesia dan lima negara lainnya.(H-1)

Baca Juga

DOK Universitas Pancasila

Universitas Pancasila Gelar Wisuda secara Daring

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:17 WIB
Universitas Pancasila hingga kini telah meluluskan 60.608 sumber daya manusia terdidik dari ahli madya, profesi, dan sarjana berbagai...
DOK. Denny JA

8 Serial Film Era Virus Korona Diluncurkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:46 WIB
8 serial film Denny JA ini dibintangi artis dan aktor nasional papan atas, yaitu Christine Hakim, Reza Rahadian, Ine Febriyanti, Ruth...
Kagama

Kemendikbud Ingin Ubah Stigma Pendidikan Vokasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:08 WIB
Stigma pendidikan vokasi yang masih dianggap pilihan kedua dan dipandang sebelah mata diharapkan bisa berubah. Memilih pendidikan hendaknya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya