Selasa 08 September 2020, 22:30 WIB

Produksi PCR Kit BPPT Diklaim Mampu Penuhi Kebutuhan Pemerintah

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Produksi PCR Kit BPPT Diklaim Mampu Penuhi Kebutuhan Pemerintah

Antara/Muhammad Iqbal
Kepala BPPt Hammam Riza saat menyerahkan PCR kit karya BPPt ke Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany

 

SEJAK awal pandemi covid-19 melanda Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bergabung dengan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 untuk ikut serta dalam penanganan covid-19. Hingga saat ini, terdapat sejumlah produk inovasi terkait covid-19 hasil pengembangan BPPT yang telah diproduksi massal seperti rapid test RDT RI-GHA dan PCR test kit BioCov-19.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, baik rapid test maupun PCR test kit telah dihilirisasi dan digunakan oleh sejumlah pihak.

“Rapid test sudah sekitar 200 ribu dipesan dan disalurkan ke berbagai Pemda seperti Yogyakarta, Tangerang Selatan, dan lainnya,” ujar Hammam kepada Media Indonesia, Selasa (8/9).

Baca juga : Produk Test Covid-19 Inovasi Konsorsium Telah Diproduksi Massal

Sedangkan terkait PCR test kit, Hammam mengungkapkan, terdapat sekitar 14.200 pesanan yang sedang dikerjakan. Sebelumnya, sebanyak 100 ribu PCR kit pun sudah disalurkan kepada gerakan Indonesia Pasti Bisa.

Dia mngaku, sebagian besar pemesan merupakan perusahaan atau yayasan untuk didonasikan. Saat ini kapasitas produksi test kit BioCov-19 telah mencapai 1,4 juta per bulan. Jumlah ini telah memenuhi, bahkan melebihi jumlah target tes covid-19 per hari yakni 30 ribu tes. Hammam pun mengaku, BPPT mampu menyediakan PCR kit jika pemerintah memintanya.

“Kalau ada order, kami siapkan PCR. Setiap hari kira-kira 30 ribu test PCR. Sebulan dikali 30 berarti 900 ribu test. Jadi cukup (kapasitas produksi),” tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Ekstrem Hingga Februari 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan tidak mendekati area kejadian guna menghindari risiko yang lebih...
INSTAGRAM/kopikalyan

Tak Surut Mengenalkan Cita Rasa Nusantara di Masa Pandemi

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:28 WIB
Penyesuaian menu tentu menjadi pertimbangan Putri dan beberapa rekannya mengembangkan bisnis kopi di Tokyo namun tak melepas unsur kuliner...
Antara

Peramal Jangan Memprovokasi Masyarakat

👤Ant 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:35 WIB
"Peramal itu sama halnya seperti dukun dan apa yang mereka ucapkan tidak ada pendekatan ilmiah dan hanya menyampaikan fenomena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya