Selasa 08 September 2020, 19:05 WIB

Produk Test Covid-19 Inovasi Konsorsium Telah Diproduksi Massal

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Produk Test Covid-19 Inovasi Konsorsium Telah Diproduksi Massal

ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Menristek/Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Selasa (8/9)

 

KEMENTERIAN Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) telah membentuk Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 untuk turut serta mengatasi pandemi covid-19 yang telah berlangsung selama enam bulan terakhir. Konsorsium tersebut pun telah menghasilkan sejumlah inovasi, termasuk alat untuk melakukan testing.

Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, beberapa riset dan inovasi terkait covid-19 saat ini telah dihasilkan, bahkan sudah dalam tahap produksi dalam skala massal seperti PCR test kit, rapid test kit, dan Mobile Lab BSL-2. PCR test kit yang dinamakan BioCov-19 diproduksi oleh PT Bio Farma.

Baca juga: Ini Penjelasan Istana soal Pembentukan Tim Pengembangan Vaksin

“Untuk PCR test kit yang sudah tersalurkan mencapai 100 ribu unit, ada 14 ribu lagi yang masih dipesan dan diperkirakan per September ini produksinya bisa mencapai 1,4 juta unit,” kata Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR di Gedung DPR RI, Selasa (8/9).

Kemudian, rapid test kit yang dinamakan RDT RI-GHA telah dipesan sebanyak 180 ribu buah. Jumlah produksi pada September 2020 telah mencapai 350 ribu buah.

“Diperkirakan bulan Oktober bisa mencapai 1 juta unit produksi dari rapid test yang pengembangannya dipimpin oleh BPPT ini,” tuturnya.

Sedangkan Mobile Lab BSL-2 sudah disalurkan sebanyak tiga unit dan kini digunakan oleh RS TNI-AD serta Yayasan BUMN.

“Pemesannya selain pemesan langsung, kita juga mendorong pemesanan dari yayasan atau lembaga yang melakukan donasi,” tandasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/Novrian Arbi

Lebih dari 2.000 Bencana Terjadi Hingga Akhir September 2020

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 23:15 WIB
Berdasarkan data yang tercatat, jumlah bencana 2020 turun sekitar 25,1% dibandingkan pada tahun...
Tangkapan layar konpers daring Kemenristek

Kemenristek Tindaklanjuti Riset ITB soal Tsunami 20 Meter di Jawa

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 30 September 2020, 23:05 WIB
Kementerian Riset dan Teknologi menyiapkan sejumlah langkah dalam merespons temuan riset potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau...
ANTARA FOTO/Risky Andrianto

DKI Gandeng Swasta Olah Sampah di Bantargebang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 22:45 WIB
Dalam kolaborasi ini, pihak swasta mendukung kegiatan penambangan sampah atau 'landfill mining' pada zona tidak aktif di TPST...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya