Senin 17 Agustus 2020, 20:15 WIB

KPAI: Pembukaan Sekolah di Zona Kuning, Pemerintah Lepas Tangan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
KPAI: Pembukaan Sekolah di Zona Kuning, Pemerintah Lepas Tangan

ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN
Guru dan pegawai Dinas Pendidikan Kota Serang mengikuti simulasi kegiatan belajar tatap muka di SD Negeri 02 Serang, Banten, Jumat (14/8).

 

Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengizinkan sekolah yang berada di zona kuning untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka, meski kebijakan tersebut bersifat tidak wajib. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listyarti menilai, kebijakan dibukanya sekolah di zona kuning merupakan bentuk lepas tangan dari pemerintah.

“Kami di sini tidak melihat ada keinginan melindungi anak, guru, dan warga sekolah. Kalau berpikirnnya seperti itu, kami (pemerintah) tidak mewajibkan tapi kami mengizinkan pembukaan pada zona hijau dan perluasan di zona kuning, sementara sekolah tidak siap,” kata Retno dalam dialog daring, Senin (17/8).

Baca juga: Simak Besaran UKT Mahasiswa Baru UGM

Retno menuturkan, KPAI tetap pada pendiriannya yakni menolak sekolah dibuka hingga pandemi benar-benar terkendali. Menurutnya, hak hidup dan hak sehat lebih utama dibandingkan hak pendidikan.

“Kalau anaknya masih hidup dan sehat, ketertinggalannya masih bisa kita kejar. Nah, untuk apa kita pinterin habis itu dia terinfeksi, nggak sehat, lalu meninggal?” imbuhnya.

Menurutnya, dalam situasi bencana seperti ini, semua pihak harus memahami bahwa yang tengah kita hadapi tidak sama dengan kondisi normal. Namun, pemerintah harus tetap memperbaiki kebijakan-kebijakannya dengan berkaca pada pengalaman sebelumnya, agar pembelajaran jarak jauh bisa berjalan lebih efektif.

“Harusnya data pada fase pertama diperbaiki PJJ-nya berdasarkan data-data itu baru kemudian di fase kedua terjadi perbaikan,” tandasnya. (H-3)

Baca Juga

DOK PUPR

Pemerintah Bangun 61 Bendungan, Kapasitas Irigasi Teknis Meningkat

👤Palce Amalo 🕔Jumat 30 September 2022, 22:39 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono menyebutkan sebanyak 61 bendungan yang dibangun Presiden Jokowi, akan...
Freepik.com

Penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi akan Ungkit Daya Saing Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:26 WIB
Penguasaan bahasa asing dan teknologi, terutama di era revolusi industri 4.0, lanjut Siti merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh...
Dok UII

UII Yogyakarta Siapkan 29 Beasiswa Lewat OSC Medcom

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 30 September 2022, 22:09 WIB
UII Yogyakarta merupakan 1 dari 27 perguruan tinggi yang menjadi mitra OSC Medcom pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya