Selasa 28 Juli 2020, 06:05 WIB

Hari Hepatitis, Kalbe Farma Kampanye Pentingnya Deteksi Dini

Atalya Puspa | Humaniora
Hari Hepatitis, Kalbe Farma Kampanye Pentingnya Deteksi Dini

Antara
Dokter memberi penjelasan kepada warga saat digelarnya deteksi dini penyakit hepatitis dalam memperingati Hari Hepatitis Sedunia 2019 lalu.

 

 

Atalya Puspa

HARI Hepatitis Sedunia diperingati hari ini, setiap 28 Juli. Masalah hepatitis di Indonesia masih cukup besar, dimana jenis hepatitis yang banyak menginfeksi penduduk Indonesia adalah Hepatitis B.

Dengan mengambil tema Hepatitis Free Future yang dicanangkan di seluruh dunia, PT Kalbe Farma menegaskan komitmennya untuk pencegahan penyakit hepatitis, khususnya tipe B.

“Kami mengajak masyarakat untuk melakukan deteksi dini agar dapat memutus rantai ancaman penularan infeksi hepatitis B. Hal ini sejalan dengan program pengendalian Hepatitis yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Pharma Marketing Director PT Kalbe Farma Tbk Ridwan Ong dalam webinar 'Ayo Deteksi Dini Hepatitis B' pada Senin (27/7).

Perlu diketahui, virus hepatitis B ditularkan melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh pengidap hepatitis B. Sedangkan untuk gejala dan tanda hepatitis B tidak spesifik dan sebagian besar penderita tidak mengalami gejala saat awal infeksi.

Dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia kegiatan yang dilakukan Kalbe diantaranya, edukasi kesehatan kepada tenaga medis profesional melalui media webinar terkait dengan pencegahan dan pengobatan Hepatitis B kronik bekerjasama dengan Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) dan Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia (HISFARSI). Selain kepada tenaga medis, edukasi terkait kesehatan organ hati juga dilakukan kepada masyarakat melalui serangkaian talkshow, webinar dan media sosial.

Selain itu, melalui jaringan Kalbe Grup yaitu KALCare dan Kalgen Innolab memberikan rapid test HBsAg (deteksi dini Hepatitis B) secara gratis kepada pengunjung outlet KALCAre di seluruh Jabodetabek dan pasien home care pemeriksaan Kalgen Innolab. Diberikan juga promo khusus untuk pembelian produk Hepamax dan Hepatosol di KALCare. Seluruh program ini berlaku untuk periode 25 Juli - 2 Agustus 2020. (H-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Menhub: 36 Ahli Waris Sriwijaya Air SJ182 Sudah Dapat Santunan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:20 WIB
SEBANYAK 36 ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah menerima santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta untuk...
Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...
ANTARA/ FEY SELLY

Mendikbud Sebut 34.200 Sekolah Sudah Gelar PTM

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:30 WIB
Pihak sekolah menghadapi pilihan sulit antara ketertinggala pembelajaran dan masalah keselamatan serta keselamata siswa di masa pademi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya