Minggu 05 Juli 2020, 22:08 WIB

Bersepeda Aman Di Masa Pandemi, Ini Tips dan Triknya

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Bersepeda Aman Di Masa Pandemi, Ini Tips dan Triknya

Antara/Nova Wahyudi
Warga mengayuh sepeda di Jalan MH Thamrin Jakarta

 

SEPEDA kini kembali digemari masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Pembatasan moda transportasi dan masih dibatasinya sejumlah kegiatan menjadikan sepeda banyak dipilih sebagai sarana olahraga sekaligus aktivitas harian.

Melihat fenomena tersebut, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati memberikan tips aman bersepeda di masa penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal ini.

"Di era AKB tetap harus berlakukan jaga jarak, pakai masker dimana saja untuk menghindari droplet namun perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur nafas agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker, sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet," ujar Andika saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Minggu (5/7).

Di sisi lain, ia menambahkan, para pesepeda harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum bersepeda, seperti mengenakan helm.

"Kemudian menggunakan pencahayaan lampu atau pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain, selain itu memastikan kondisi kesehatan dirinya, dengan konsultasi ke dokter seberapa bugar anda dan jika baru bersepeda jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan," sebut Dhika sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Andhika yang juga menjabat Kepala Bidang Medis di Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) itu berpesan agar bersepeda untuk memenuhi kebutuhan saja.

Baca juga : Hari Ini, Jawa Timur Catat Lebih dari 500 Kasus Positif Covid-19

"Diharapkan penggunaan sepeda untuk seusai kebutuhannya, tidak perlu berkumpul-kumpul meskipun berkumpul, tetap patuhi protokol kesehatan," terangnya

Sementara itu, itu pada kesempatan yang sama, Ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto menjelaskan, bagi pemula harus memulai bersepeda secara bertahap.

"Cara yang terbaik bersepeda di masa pandemi ini adalah bagaimana intensitas gowesan selama diperjalanan, bagi pemula yang pertama perlu bertahap mulai dari satu minggu sekali, kemudian seminggu tiga-empat kali, baru ketika sudah terbiasa dapat setiap hari menggunakan sepeda ke kantor," jelas Poetoet.

Selanjutnya, ia mengingatkan, bersepeda di jalan raya harus memperhatikan bebeerapa hal,d aintaranya mematuhi peraturan lalu lintas dan menghargai pengguna jalan lainnya.

"Jangan sampai tertular dan menularkan orang lain dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Lalu dianjurkan untuk bersepeda sendiri atau solo riding, jika berkelompok maksimal lima orang," kata Om Poetoet sapaan akrabnya.

Diketahui, bersepeda merupakan sebuah bentuk latihan tubuh, bagi yang hobi bersepeda akan memiliki kebugaran tubuh yang baik terutama bagi jantung dan paru-paru. Selain itu bersepeda juga dapat mencegah berbagai penyakit, obesitas dan menjaga imunitas. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Soal Laporan PPKM, Jakarta dan Bandung Disebut Paling Responsif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:45 WIB
Selama PPKM tahap pertama pada 11-25 Januari, terdapat 70 laporan terkait pelanggaran prokes di berbagai daerah yang masuk ke Koalisi Warga...
MI/ Bary Fathahilah

Butuh Langkah Progresi Hadapi Ancaman Ledakan Penyebaran Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:35 WIB
Langkah strategis itu, antara lain penambahan sarana dan prasarana kesehatan untuk mengatasi pertambahan kasus positif Covid-19 yang cukup...
m.youtube.com

Masalah Kulit Bisa Disebabkan Oleh Stres

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:13 WIB
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Raendi Rayendra mengatakan, stres adalah faktor utama yang bisa memicu timbulnya alergi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya