Sabtu 23 Mei 2020, 18:23 WIB

Mari Mudik! Mudik Virtual dengan Google Street View

Antara | Humaniora
Mari Mudik! Mudik Virtual dengan Google Street View

Antara
Aplikasi Google Maps (kiri) dan Google Street View (kanan).

 

ADA cara mudah untuk mudik tanpa berpindah tempat. Maklum, lebaran tahun ini terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk bersilaturahmi ke rumah keluarga, kini tidak dapat dilakukan demi mencegah penyebaran virus korona.

Namun, bukan berarti situasi saat ini memutuskan tali silaturahmi, karena Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan sanak saudara.

Panggilan video menjadi cara efektif untuk bersilaturahmi virtual, namun jika Anda merindukan suasana kampung halaman, Anda dapat mudik virtual dengan menggunakan aplikasi Google Street View, di mana Anda dapat menjelajahi kampung halaman Anda.

Aplikasi ini tidak hanya tersedia di Play Store, tapi juga dapat diunduh di App Store. Street View memiliki tampilan peta dunia, setelah mengunduh Anda dapat mengeksplor ke tempat-tempat yang ingin Anda tuju, misalnya ke rumah orang tua.

Selanjutnya, seret jari Anda jauhkan dua jari di layar untuk memperbesar tampilan peta ke kota dan alamat yang Anda tuju. Untuk memperkecil, lakukan gerakan mencubit di layar.

Setelah mendapatkan alamat yang tepat, Anda dapat melihat hasil Google Street View di sekitar wilayah tempat tinggal. Kemudian, ketuk salah satunya, dan mulai berkeliling untuk melihat situasi sekitar rumah orang tua Anda, atau "berkunjung" secara virtual ke rumah-rumah tetangga.

Untuk berkeliling, geser ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan pemandangan 360 derajat. Anda juga dapat menggesek ke atas atau ke bawah pada garis biru. Untuk melihat tampilan yang lebih luas dan mengubah ke mode lanskap, putar perangkat ke samping.

Anda juga dapat melihat hasil Street View di aplikasi Google Maps. Pertama, masukkan alamat yang ingin dituju pada bagian penelusuran. Setelah menemukan alamat, ketuk tampilan foto kecil pada sudut kiri bawah, lalu mulai bereksplorasi untuk menelusuri jalanan tempat tinggal keluarga Anda. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Perguruan Tinggi Turut Berperan Atasi Pemanasan Global

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 22:18 WIB
Pemerintah Indonesia telah menetapkan beberapa kampus sebagai kampus percontohan untuk kampus hijau (green...
Antara/Batyu Pratama S

Agenda Perubahan Iklim di Sektor Energi Perlu Banyak Dibahas di COP 26 

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:07 WIB
Ia membandingkan dengan sektor foresty yang potensi penghasilan emisi karbonnya hanya 714 juta ton. Sementara itu, pengurangannya lebih...
Dok.SETWAPRES

Wapres: Indonesia Emas 2045 Bukan Anugerah, Tapi Harus Diupayakan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:02 WIB
Kunci keberhasilan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 ialah di ketersediaan sumber daya manusia (SDM)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya