Jumat 17 April 2020, 18:05 WIB

Catat, Tolak Jenazah Korban Covid-19 Bisa Dipidana 1 Tahun!

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Catat, Tolak Jenazah Korban Covid-19 Bisa Dipidana 1 Tahun!

MI/Heri Susetyo
Prosesi pemakaman jenazah pasien covid-19

 

POLRI mengimbau masyarakat untuk tidak menolak jenazah pasien covid-19 yang akan dimakamkan. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono menegaskan, ada ancaman pidana bagi masyarakat yang menolak jenazah pasien covid-19.

“Karena kalau menolak bakal ada sanksi pidananya. Bisa dikenakan Undang-Undang tentang Wabah Penyakit,” tutur Argo, Jumat (17/4).

Masyarakat yang masih menolak pemakaman jenazah covid-19 dapat dikenakan Pasal 212 KUHP dan/atau Pasal 214 KUHP dan/atau Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

Pasal 14 ayat (1) menyatakan barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam undang-undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp1 juta.

Baca juga : Jangan Kucilkan Pasien Covid-19

?Sementara pasal 14 ayat 2 menyatakan, barang siapa karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana kurungan selama-lamanya 6 bulan dan/atau denda setinggi-tingginya Rp500 ribu.

Pasal 14 ayat 3 menyatakan, tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 adalah kejahatan dan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 adalah pelanggaran.

Maraknya penolakan jenazah pasien korona membuat pihak kepolisan harus turun tangan dan turut membantu mengantarkan jenazah ke tempat istirahat terakhir.

“Kita tetap melakukan imbauan kepada masyarakat, agar bisa membantu jangan sambai ada penolakan kembali,” ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kaohsiung yang Wajib Dikunjungi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:49 WIB
Kaohsiung juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari Pier 2 Art Center, Cijin Island atau Pulau Cijin hingga...
Antara

40 Juta Masyarakat Sudah Terima Booster

👤Ant 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:14 WIB
Sebanyak 1.699.504 tenaga kesehatan (nakes) rampung menerima vaksin...
MI/Haryanto Mega

MPR Ingatkan Upaya Memperjuangkan Hak-Hak Masyarakat Adat Harus Konsisten

👤Putra Ananda 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:05 WIB
PERJUANGAN untuk meningkatkan kesadaran dan melindungi hak-hak masyarakat adat perlu didukung dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya