Senin 03 Februari 2020, 19:15 WIB

Tidak Ikut Evakusi, Pemerintah Pantau 7 WNI di Hubei

Dhika kusuma winata | Humaniora
Tidak Ikut Evakusi, Pemerintah Pantau 7 WNI di Hubei

Dok. Kemlu RI
Petugas medis menyemprotkan cairan disinfektan kepada WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam.

 

PEMERINTAH terus memantau kondisi tujuh Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak ikut dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman, memastikan pihak KBRI di Tiongkok terus berkomunikasi dan memberikan dukungan bagi WNI yang bertahan di sana.

"Adapun tujuh WNI yang tetap berada di Hubei akan terus dipantau dan berhubungan dengan KBRI. Kita harapkan mereka juga bisa melewati masa-masa sulit ini," kata Fadjroel melalui keterangannya, Senin (3/2).

Sebanyak 238 WNI yang tinggal di daerah asal virus korona, tiba di Tanah Air pada Minggu (2/2) kemarin. Adapun empat WNI memilih tetap tinggal di Tiongkok, sedangkan tiga WNI dilarang terbang karena alasan kesehatan.

Baca juga: Evakuasi WNI dari Wuhan, Indonesia Berterima Kasih pada Tiongkok

Pemerintah, lanjut Fadjroel, menjamin 238 WNI yang sudah dievakuasi bersama 42 orang tim penjemput, dalam kondisi sehat. Mereka akan menjalani transit observasi di wilayah Natuna selama 14 hari. Seluruh prosedur mengacu protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilakukan kementerian dan lembaga terkait.

Presiden Joko Widodo juga meminta Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, untuk berkantor di wilayah Natuna untuk memastikan proses observasi berjalan baik.

"Jaminan perlindungan kesehatan yang sangat ketat dipantau langsung Menteri Kesehatan dan tim yang diinstruksikan Presiden untuk berkantor di Natuna," tutupnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

dok:Basarnas

TNI AD Bangun RS Darurat untuk Korban Gempa Sulbar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:00 WIB
TNI AD membangun rumah sakit (RS) darurat untuk menampung pasien korban gempa di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. RS lapang ini akan...
MI/M Irfan

Ada Pelonggaran Usia Umrah bagi Jemaah Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 04:10 WIB
Pembukaan penerbangan umrah internasional telah mulai digelar pemerintah Saudi sejak 3 Januari...
ANTARA/Fauzan

Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Januari 2021, 03:20 WIB
Tidak ada laporan para nakes yang disuntik pertama mengalami KIPI dengan gejala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya