Selasa 12 November 2019, 16:13 WIB

Kementerian LHK dan Polri Tingkatkan Sinergi Tangani Karhutla

mediaindonesia.com | Humaniora
Kementerian LHK dan Polri Tingkatkan Sinergi Tangani Karhutla

Istimewa/KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz bersepakat tingkatkan sinergi dalam penanganan lingkungan dan kehutanan.

 

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz bersepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah kehutanan dan lingkungan.

Prioritas utama sinergi antara KLHK dan Polri adalah penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Polri juga siap membantu KLHK dalam menangani illegal logging  dan pencemaran limbah yang cukup serius saat ini.

“Kami sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dengan prioritas utama kasus kebakaran hutan dan lahan,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya seusai pertemuan dengan Kapolri dan jajarannya di Kantor LHK, Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (12/11) siang.

Menteri LHK  juga menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilakukan pembicaraan antara dirinya dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenai tentang langkah pencegahan karhutla.

KLHK dan Kementerian Pertanian mencapai kesepakatan pembukaan lahan tanpa dibakar dan dukungan sarana serta prasarana  bagi yang bisa meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat

“Sehingga dengan cara seperti ini, mereka tidak perlu lagi melakukan pembakaran saat membuka lahan. Sebab dengan pola pembakaran, dampaknya bisa meluas,” ujar Siti Nurbaya.

Lebih lanjut, Menteri LHK  mengatakan penerapan law enforcement yang melibatkan jajaran KLHK dan anggota Polri  disepakati sebagai langkah kunci mengawal isu LHK dan ini akan konsisten diikuti sampai ke lapangan di daerah.

“Saya berterima kasih atas kunjungan Kapolri beserta jajaran ke Manggala Wanabhakti ini,” tambah Menteri Siti.

Dukungan penuh dari Polri

Sementra itu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengatakan, Polri  sejalan dengan   Menteri  LHK  dalam menangani masalah Karhutla di sejumlah daerah.

 “Jajaran Polri mendukung penuh langkah kerja KLHK, dan konsep langkah-langkahnya sedang kami persiapkan. Semua itu  untuk Indonesia agar jadi lebih baik,” ujar Kapolri Idham.

Kapolri juga mengatakan bahwa  sudah melakukan evaluasi  dari lapangan  karena pihaknya banyak di lapangan bertugas di Polda dan Polres sebemumnya di berbagai daerah seperti Dayeuh Kolot, Jabar.  

“Karhutla, illegal logging, dan pencemaran limbah menjadi perhatian khusus kami.” ujar Kapolri. (OL-09)

Baca Juga

Dok. Converse

Lewat Street Art, Converse Kampanyekan Pelestarian Lingkungan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 01:20 WIB
Anggota komunitas kreatif Converse All Stars global telah bermitra dengan Converse untuk melukis mural di kota-kota di seluruh...
Dok. Poltekkes

Poltekkes Diharap Cetak SDM Unggul

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 00:34 WIB
Para tenaga pengajar wajib terus mengembangkan metode pembelajaran supaya mahasiswa tidak bosan di...
pddikti.kemdikbud.go.id

Operator PDDikti Ujung Tombak Pelaporan Data Perguruan Tinggi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 04 Desember 2020, 23:44 WIB
Operator PDDikti merupakan ujung tombak pelaporan data perguruan tinggi ke pemerintah, dalam hal ini laman PPDikti Kementerian Pendidikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya