Rabu 02 Oktober 2019, 19:28 WIB

BRG Targetkan 1000 Desa Peduli Gambut

Sri Utami | Humaniora
BRG Targetkan 1000 Desa Peduli Gambut

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S.
Warga membasahi lahan gambut yang terbakar di Desa Pengayuan, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalsel.

 

BADAN Restorasi Gambut (BRG) ditargetkan merestorasi lahan gambut seluas 2,49 juta hektare hingga 2020. Untuk mewujudkan upaya tersebut, mereka menggandeng masyarakat melalui program Desa Peduli Gambut.

Kepala Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG Harris Gunawan mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 desa tergabung dalam program ini sebagai bagian dari upaya mendukung pembasahan gambut.  

"Selama 3,5 tahun, kami bekerja dengan masyarakat yang secara kelembagaan disebut sebagai pokmas, kelompok masyarakat, yang melakukan pembasahan lahan gambut dengan pembangunan infrastruktur seperti sekat kanal, sumur bor, penanaman, dan lain sebagainya," ujarnya dalam Diskusi Penanganan Bencana di Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut Harris, BRG melalui Kedeputian 3 memiliki program Sekolah Lapang khusus untuk Desa Peduli Gambut yang memberikan pendidikan kepada masyarakat agar bisa beralih mata pencahariannya sehingga tidak lagi menganggu keberadaan lahan gambut.

"Di desa-desa peduli gambut kita mendidik masyarakat mengolah lahan tanpa membakar dan membudidayakan tanaman seperti sagu. Target kami 1.000 desa, sekarang masih sekitar 360 desa. Jadi kita dengarkan masyarakat maunya apa, ternak sapi, ternak itik, perikanan, itu BRG punya mekanisme pemberian bantuan, dengan catatan memang desa tersebut mendapat program pembasahan gambut," ungkapnya. (A-2)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Nadiem : Pemda Segera Sanksi Pelaku Intoleransi SMKN 2 Padang

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Januari 2021, 16:18 WIB
Nadiem Makarim meminta Pemerintah Daerah Sumatera Barat dan Kota Padang untuk segera menindaklajuti kasus intoleransi di SMKN 2...
Ilustrasi

BMKG: Suara Dentuman di Bali Terekam oleh Sensor Gempa

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 16:12 WIB
Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya anomali sinyal seismik yang tercacat pada sensor seismik Singaraja (SRBI) pada pukul 10.27 WITA....
CDC

Banyak Dipalsukan, Ini Cara Bedakan Lianhua Resmi dan Ilegal

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:05 WIB
Produk Lianhua mengandung 13 herbal, dipasarkan di Tiongkok sejak wabah SARS pada 2003...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya