Kamis 01 Agustus 2019, 20:00 WIB

Adu Visi-Misi dan Program Calon Ketua Iluni UI di Debat Perdana

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Adu Visi-Misi dan Program Calon Ketua Iluni UI di Debat Perdana

Dok. Iluni UI
Suasana debat calon ketua umum Iluni UI periode 2019-2022

 

MASA Kampanye pemilihan langusng ketua umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) memasuki fase debat kandidat.

Ketiga kandidat, yaitu Andre Rahadian (FHUI 1991), Bambang Brodjonegoro (FEUI 1985), dan Rudy ‘Bun’ Salahuddin (FTUI 1987), menjalani debat pertama di  Gedung IASTH Pascasarjana UI Lantai 3, Kampus UI Salemba, Rabu (31/7).

Debat perdana bertema pemaparan visi, misi, dan program itu dipandu oleh lima panelis, yaitu Erwin Nurdin (Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI), Ahmad Firdaus (CEO Ecomindo), Emil Ranakusuma (Ketua ILUNI UI Chapter USA), Yan P. Mandenas (Ketua ILUNI UI Wilayah Papua), serta Manik Marganamahendra (Ketua BEM UI 2019).

Dari ketiga kandidat, Bambang Brodjonegoro ikut debat mengunakan platform teknologi skype. Begitu pula Emil Ranakusuma yang saat debat dilangsungkan sedang berada di Amerika Serikat.

Pada saat debat, Andre Rahadian dengan slogannya “Makin Jadi, Lebih BerARti!”, mengusung visi menjadikan Iluni UI sebagai ruang temu Alumni yang lebih berARti.

Baca juga : Tiga Calon Ketum Iluni UI Ditetapkan, Kini Masuk Masa Kampanye

Andre menyatakan keinginannya untuk meneruskan dan mengembangkan program-program yang sudah dikerjakannya di kepengurusan Iluni UI 2016-2019, salah satunya adalah penggunaan aplikasi UI Connect yang dapat dijadikan salah satu sarana tercepat bertemunya para alumni.

Program lain yang telah berjalan dan akan semakin dioptimalkan adalah program beasiswa dari Iluni UI bekerja sama dengan BEM UI, yakni UI Excellence Awards.

“Iluni UI punya program UI Excellence, tahun ketiga nanti mudah-mudahan akan lebih banyak donatur yang bersedia memberi bantuan,” sebut Andre Rahadian. B

Bambang Brodjonegoro dengan semangat #BangBro4ILUNIUI, memiliki harapan menjadikan Iluni UI sebagai ikatan alumni kelas dunia.

Dalam memaparkan visi-misinya, lebih jauh Bambang Brodjonegoro menjelaskan ada tiga stakeholder yang harus diperhatikan: UI (tataran kepemimpinan dan fakultas), Alumni, dan para mahasiswa.

“Iluni UI akan bahu-membahu dengan rektorat untuk menjadikan UI sebagai world class university terbaik”, papar Bambang Brodjonegoro.

Tak hanya bicara soal world class university, ia juga mengutarakan upayanya kelak dalam menjaga kekerabatan, persaudaraan dan kekompakan alumni UI melalui berbagai kegiatan olahraga dan budaya yang bervariasi.

Sedangkan Rudy ‘Bun’ Salahuddin yang mendeklarasikan “Gue Bun, Bersinergi untuk Negeri” menginginkan terwujudnya sinergi Alumni UI menuju Indonesia Maju.

Rudy "Bun" Salahuddin ingin dapat menyatukan potensi dan talenta alumni yang ada melalui jejaring nasional dan global yang unggul.

Pada kesempatan itu, Rudy Bun memperkenalkan program “Kita Makin Connect”, salah satu upaya yang akan dilakukannya untuk dapat menyatukan potensi alumni melalui UI Connect.

“Kita berharap di awal UI Connect dapat menjadi basis dalam melakukan kolaborasi,” ujar Rudy Bun.

Sinergi juga ditekankan Rudy dalam ranah hubungan antara Iluni UI dan Iluni Fakultas serta Wilayah.

Baca juga : Iluni UI Bersiap Pilih Ketua Umum Periode 2019-2022

Pemilihan Langsung Iluni UI merupakan pesta demokrasi milik segenap alumni Universitas Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, termasuk belahan dunia lainnya. Ada yang sedikit berbeda kali ini dengan sistem voting yang dipergunakan untuk Pemilihan Langsung Ketua Umum Iluni UI 2019-2022.

Berdasarkan Surat Keputusan 004/ILUNI-UI-Munas/SC/VI/19, ditetapkan penggunaan UI Connect sebagai aplikasi untuk melakukan e-voting. Ketua Pelaksana Pemilihan, Tomy Suryatama membeberkan, hingga saat ini sudah terdaftar 30 ribu lebih pengguna UI Connect dari berbagai fakultas dan angkatan yang terverifikasi dan aktif.

Pemilihan melalui aplikasi UI Connect akan dibuka pada 24 Agustus pukul 12.00 WIB. Pengguna harus terverifikasi dengan proses yang telah ditetapkan, dan mengaktifkan akun UI Connect untuk dapat menggunakan hak pilih mereka.

“Kami masih membuka kesempatan bagi para alumni untuk dapat mendaftarkan diri dan menjadi pengguna aktif UI Connect. Dengan terverifikasi di UI Connect, Rekan Alumni sudah terdata sebagai Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Langsung Ketua Umum Iluni UI,” ujar Tomy Suryatama.

Acara debat berikutnya, yang merupakan debat calon terakhir akan dilaksanakan pada Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di Balai Sidang, Kampus UI Depok. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. WOM FInance

Tingkatkan Literasi Masyarakat, WOM FInance Bangun Taman Baca Masyarakat di Tanjung Priok 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:36 WIB
rik menuturkan, WOM Finance telah melakukan renovasi TBM tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di...
ANTARA

Waduh! 90 Persen Kecelakaan Bus dan Truk Terjadi di Jalan Menurun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:18 WIB
Itulah pentingnya para pengemudi untuk mengetahui teknik pengereman yang benar dan baik dalam segala kondisi jalan yang...
MI/Zen

Komunikasi Efektif Kunci Kesuksesan Humas

👤Christopher Richie, Bank Indonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:05 WIB
Sayangnya, siaran Pers yang dipublikasi saat ini dinilai kurang menarik. Kementerian/lembaga sering kali berfokus pada seremonial daripada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya