Senin 29 Juli 2019, 17:34 WIB

Jakarta Aquarium Peringati International Mangrove Day

mediaindonesia.com | Humaniora
 Jakarta Aquarium Peringati International Mangrove Day

DOK Jakarta Aquarium
Jakarta Aquarium tanam 673 bibit mangrove.

 

UNESCO secara resmi telah menetapkan 26 Juli sebagai International Mangrove Day dalam sebuah dokumen 'Proclamation of the International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem'. International Mangrove Day dijadikan momentum bagi banyak pihak dalam satu dekade terakhir untuk melakukan aksi dan menyuarakan kampanye terkait pentingnya pelestarian dan perbaikan pengelolaan ekosistem mangrove di dunia.

“Sebagai salah satu lembaga konservasi Ex-Situ yang peduli terhadap lingkungan, Jakarta Aquarium turut memperingati dengan mengajak karyawan dan pengunjung untuk berkontribusi bagi lingkungan dengan cara berdonasi untuk penanaman bibit mangrove. Program donasi untuk bibit mangrove didapatkan dari setiap pembelian tiket pengunjung mulai dari 25 Juni hingga 19 Juli 2019 ditambah dengan donasi dari seluruh karyawan Jakarta Aquarium,” ujar Public Relations Manager Jakarta Aquarium, Danang Ambar Kreshno, Jumat (26/7).

Kegiatan penanaman tersebut dilakukan pada 26 Juli 2019 bersamaan dengan perayaan Hari Mangrove Internasional dan dilakukan di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Proses penanaman dilakukan oleh perwakilan karyawan bersama jajaran pimpinan dari PT Jakarta Akuarium Indonesia dengan dibantu Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Tidung. Jumlah bibit yang ditanam berjumlah 673 bibit sesuai dengan yang didapatkan dari donasi.

Setelah penanaman bibit, dilakukan pemasangan plakat untuk menandakan area penanaman mangrove Jakarta Aquarium yang selanjutnya akan dijaga bersama-sama oleh Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Tidung.

 

Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses atas dukungan pengunjung Jakarta Aquarium, Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Tidung, Dinas Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Pusat Budidaya dan Konservasi Laut – Dinas Ketahanan Pangan Kelautan.

“Dengan kegiatan yang rencananya akan dilakukan secara berkala, pihak Jakarta Aquarium berharap dapat mendukung dan turut menjaga lingkungan di perairan dan darat di mana mangrove sebagai daerah pemijahan bagi biota laut, penghasil oksigen (O2), penyerap karbondioksida (CO2), dan yang paling penting sebagai penyerap logam berat yang ada di perairan secara alami. Termasuk juga menahan laju abrasi dan mengurangi dampak tsunami bagi daratan. Harapannya kegiatan ini salah satu bukti sumbangsih Jakarta Aquarium terhadap lingkungan alam yang lestari,” tutup Danang. (RO/OL-10)

Baca Juga

Antara

2.957 Pasien Korona Dirawat di Wisma Atlet kemayoran

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:39 WIB
Aris menjelaskan jumlah pasien dalam perawatan pada Senin (24/1) sebanyak 2.862...
Dok MI

Susu Sapi Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan...
Ilustrasi

Ini Pentingnya Yodium buat Ibu Hamil

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:55 WIB
yodium adalah mineral yang berhubungan dengan hormon tiroid yang mempengaruhi proses dan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya