Selasa 09 Juli 2019, 14:51 WIB

Level Polusi Udara Jakarta Lebih Bahaya Dibandingkan Bangkok

Nur Azizah | Humaniora
Level Polusi Udara Jakarta Lebih Bahaya Dibandingkan Bangkok

ANTARA
Gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta, Senin (8/7/2019).

 

LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut udara Jakarta hari ini berpolusi. Berdasarkan data, terdapat sebaran partikel padat dengan ukuran di bawah 2,5 dan 10 mikrometer (PM2.5 & PM10).
 
"Di Jakarta cukup berpolusi pagi ini, sekitar 180 mikrogram per meter kubik," kata Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN Dony Kushardono seperti yang dikutip dari akun resmi @lapan_ri, Selasa (9/7).

Dony menyebut partikel polusi Jakarta enam kali lebih tinggi dibandingkan Singapura dan lima kali lebih parah ketimbang Bangkok, Thailand. Partikel polusi Singapura dan Bangkok hanya sekitar 28 dan 35 mikrogram per meterkubik.

"Beberapa kota seperti Medan dan Surabaya juga nampak udaranya berpolusi (tapi hanya) sekitar 75 mikrogram per meterkubik," pungkas dia.
 
Udara Jakarta bukan kali ini saja dinyatakan berpolusi. Senin, 25 Juni 2019 Alat pengukur udara AirVisual menyatakan kualitas udara di Jakarta hari ini tidak sehat. Ini pun membuat Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia.

Baca juga:Instagram Bikin Fitur untuk Lawan Perundungan Daring

AirVisual merupakan situs penyedia peta polusi daring yang tersebar di kota-kota besar di dunia. AirVisual mencatat nama Jakarta muncul dalam urutan pertama kota dengan dengan tingkat polusi tertinggi.
 
Setelah Jakarta, ada kota Lahore di Pakistan, Hanoi di Vietnam, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Wuhan di Tiongkok yang masuk lima besar kota dengan tingkat polusi udara tertinggi dunia. (Medcom/OL-6)

Baca Juga

pramuka.id

Ketua Kwarnas Ajak Pramuka Selalu Berdedikasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:50 WIB
"Marilah kita tetap ceria, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya dan...
MI/ Susanto

Digitalisasi Bantu Mengurangi Angka Kematian Jemaah Haji 2022

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:20 WIB
TelePetugas berfokus sebagai kontrol kesehatan jemaah dari semua aspek meliputi rawat jalan, rujukan, karantina, pengawasan makanan, hingga...
MI/HO

Pulihkan Ekosistem Pesisir, Sekjen KLHK bersama IKA PIMNAS Tanam Mengrove di Tana Tidung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:40 WIB
"Upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove ini menjadi agenda utama Bapak Presiden, sekaligus upaya untuk mengurangi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya