Selasa 09 Juli 2019, 04:40 WIB

Semangat Berhaji dalam Keterbatasan

mediaindonesia | Humaniora
 Semangat Berhaji dalam Keterbatasan

NIKE AMALIA SARI
MELAWAN KETERBATASAN: Dimroh, 75, bertekad menunaikan ibadah haji. Meskipun pernah mengalami stroke dua kali hingga harus memakai kursi roda

 

KETERBATasAN fisik tidaklah menjadi halangan bagi Dimroh, 75, untuk menunaikan ibadah haji. Meskipun pernah mengalami stroke dua kali hingga harus memakai kursi roda, ia bertekad kuat berangkat ke Tanah Suci.

"Saya kepengen banget naik haji sampai kebawa mimpi, akhirnya tercapai seperti ini. Saya tidak merasa sulit dengan keadaan fisik seperti ini," ujar perempuan yang pernah bekerja di pabrik obat itu saat ditemui Media Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (6/7).

Ia mengaku telah memakai kursi roda selama 4 tahun setelah terkena stroke.

Dimroh yang berangkat bersama anak dan menantunya masuk kloter 01-JKG telah menunggu selama 7 tahun untuk menjalankan ibadah haji.

Putri Dimroh, Lisa Andayani, 54, mengutarakan, ibunya sangat bersemangat meskipun harus menggunakan kursi roda. "Saya malah senang membawa ibu saya naik haji. Saya juga tidak merasa terbebani atau repot dengan keadaan fisik ibu sekarang," ujar karyawan Kantor Pos tersebut.

Selain itu, Weka, 54, menantu dari Dimroh mengungkapkan bahwa perjalanan ibu mertuanya jadi pelajaran. "Jika menunaikan ibadah haji tidak boleh terhalang karena fisik apabila diniatkan dengan tulus karena Allah" ujarnya.

Saefudin, 56, dan Hani, 70, dari Kabupaten Tasikmalaya juga mengaku mendapatkan keberuntungan hingga dapat menunaikan haji tahun ini. Pasangan ini bekerja serabutan sebagai buruh lepas yang membersihkan rumput dan kebun. Mereka hidup sederhana dengan penghasilan Saefudin hanya Rp40 ribu dan Hani Rp25 ribu per hari.

Dengan pemasukan tersebut, mereka menyisihkan sejumlah uang untuk mendaftar haji pada 2012 di biro perjalanan haji. Melihat keteguhan dan semangat mereka, biro perjalanan tersebut memberikan keringanan bagi suami-istri itu sehingga mereka dipastikan mereka bisa menunaikan haji tahun ini. (AD/*/H-3)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

2021 Unit GeNose C19 Didistribusikan ke Berbagai Daerah

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 02 Maret 2021, 07:37 WIB
Sebanyak 2021 unit alat pendeteksi keterpaparan covid-19, GeNose C19, mulai didistribusikan ke berbagai daerah mulai Senin...
 CHARLY TRIBALLEAU / AFP

Epigallo Dalam Teh Hijau Bisa Mengurangi Efek Bahaya Covid-19

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 02 Maret 2021, 07:08 WIB
Salah satu bahan alami yang baru-baru ini mendapatkan perhatian dari para ilmuwan adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG), atau yang...
MI.Marcell  Kellen

Kepala BKKBN : Bonus Demografi bisa Dongkrak Perekonomian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 03:20 WIB
"Jadi jangan sampai usia produktif kita banyak, tapi malah pendapatan per kapita kita rendah, itu yang kita mau hindari,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya