Rabu 18 Mei 2022, 17:05 WIB

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Raka LestariĀ  | Humaniora
Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Ilustrasi
Radang Tenggorokan

 

KETIKA  mengalami radang tenggorokan, biasanya nafsu makan Anda akan berkurang. Padahal, asupan makanan yang cukup tetap diperlukan saat Anda sedang sakit tenggorokan.

Sebab beberapa makanan juga bisa membantu dalam meredakan radang tenggorokan Anda tersebut. Selain dapat menurunkan peradangan pada tenggorokan, beberapa makanan tersebut juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Kriteria utama dalam mencari makanan atau minuman yang baik dikonsumsi saat Anda sakit tenggorokan adalah dapat meringankan radang tenggorokan, mudah ditelan, dan kaya nutrisi. Dan berikut ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat Anda mengalami sakit tenggorokan:

1. Kaldu sayuran

Kaldu sayuran dapat memberikan nutrisi dan antioksidan. Kaldu dapat pula menjadi alat untuk mengantarkan manfaat lain di dalamnya seperti bawang putih.

Pasalnya, senyawa belerang yang terkandung dalam bawang putih dapat melawan peradangan.
 
Pastikan Anda menambahkan kunyit ke dalam kaldu yang memiliki sifat anti inflamasi. Namun, curcumin tidak bereaksi dengan baik tanpa penambahan piperine atau zat yang ditemukan dalam lada hitam. 

Baca juga: Alami Radang Tenggorokan? Ini Obat yang Ampuh Mengatasinya

2. Kentang halus

Kentang dan ubi-ubian memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat menunjang sistem kekebalan tubuh. Mereka juga penuh dengan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi.

Dengan tekstur yang lembut dapat memudahkan untuk ditelan. Untuk menambah rasa, kayu manis juga merupakan sumber antioksidan yang kuat dan mendukung kekebalan dengan membantu menangkis virus, bakteri, dan jamur. 

3. Teh chamomile

Selain memiliki kandungan anti-inflamasi, chamomile telah terbukti dapat membantu seseorang tidur nyenyak yang memang dibutuhkan ketika Anda sedang sakit.

Jika Anda juga menderita batuk, manfaat antispasmodik chamomile dapat membantu. Kemudian tambahkan lemon segar karena mengandung vitamin c dan antioksidan

Baca juga: Ini Penyebab Mimisan dan Cara Agar tidak Kambuh Lagi

4. Jahe

Jahe segar juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang kuat. Jahe juga dapat mengurangi rasa mual, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti virus dan anti bakteri.

Anda bisa menghaluskan jahe yang sudah dikupas, lalu tambahkan ke dalam teh dengan madu, oatmeal, atau smoothie buatan Anda. 

5. Madu

Jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan batuk, madu juga bisa membantu. Madu tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tapi telah terbukti sama efektifnya dengan obat supresan.

Madu Manuka, salah satu jenis madu yang berasal dari Selandia Baru dengan kualitas antibiotik yang sangat kuat bisa menjadi pilihan.  (Medcom/OL-9)

Baca Juga

MI/Susanto

Hindari Penipuan, Kemenag: Masyarakat Bisa Cek Aplikasi Haji Pintar

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:52 WIB
Masyarakat juga harus bisa membedakan jenis haji mujamalah dengan haji regular yang terjamin pelayanannya dan berangkat seusai kepastian...
MI/REZA SUNARYA

BKKBN Sebut Lingkungan Kumuh Berkontribusi 75 Persen Sebabkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:10 WIB
Lingkungan yang kumuh seperti di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, bisa membuat anak mudah terkena...
Antara

Digitalisasi Berkembang, Menkominfo: Pemanfaatan Harus Diperluas

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:06 WIB
Dalam forum G20, Menkominfo menyebut ada sejumlah hal yang perlu ditingkatkan di tengah perkembangan digitalisasi dan kemajuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya