Kamis 29 Juli 2021, 10:55 WIB

Alami Radang Tenggorokan? Ini Obat Yang Ampuh Mengatasinya

Gana Buana | Humaniora
Alami Radang Tenggorokan? Ini Obat Yang Ampuh Mengatasinya

Ilustrasi
Radang tenggorokan

 

OBAT radang tenggorokan penting untuk mencegah infeksi berlanjut pada area kerongkongan Anda. Umumnya, mereka yang menderita radang tenggorokan akan merasa sakit saata menelan atau mengalami demam sehingga mereka sulit makan.

Radang tenggorokan atau dalam bahasa medis disebut faringitis biasanya sembuh sendiri dalam seminggu tanpa menyebabkan kerusakan. Ada beberapa Obat radang tenggorokan yang bisa didapat di apotek antara lain:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat anti peradangan ini memang tepat digunkan bagi penderita radang, khususnya di tenggorokan.

Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi bengkak, nyeri, atau demam.

Jika Anda mengalami radang pada tenggorokan, konsultasikan dengan dokter mengenai terapi non-obat dan/atau menggunakan obat lain untuk mengobati nyeri Anda.

Baca juga: Obat Ivermectin Hanya untuk Pasien Covid Dalam Uji Klinis

2. Aspirin

Kedua, Aspirin. Obat jenis ini merupakan bentuk olahan senyawa salisin yang terdapat dalam banyak tumbuhan. Senyawa ini memiliki beberapa fungsi, sesuai dosisnya. 

Pada dasarnya, kandungan aspirin juga banyak terdapat pada obat radang tenggorokannyang banyak dijual dengan berbagai merk di pasaran.

Aspirin bekerja menghambat enzim yang memproduksi dan mengatur kerja prostaglandin, sebuah senyawa dalam tubuh yang diproduksi saat terjadi peradangan. Jadi, semua hal yang melibatkan prostaglandin dapat dicegah oleh aspirin.

3. Methylprednisolone

Ketiga, Methylprednisolone. Obat radang tenggorokan yang satu ini, adalah jenis obat steroid yang menekan sistem kekebalan tubuh (immunosupresan) yang berguna untuk mengurangi gejala peradangan (inflamasi) seperi pembengkakan, nyeri, dan ruam.

Pada umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dan gejala alergi, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi penyakit lainnya seperti asma, penyakit chron, ulseratif kolitis, serta jenis-jenis kanker tertentu.

Baca juga: Obat Radang Sendi Tunjukkan Harapan Bagi Pasien Covid-19 Kritis

4. Naproxen

Keempat, Naproxen. Obat jenis ini adalah obat radang tenggorokan dengan fungsi untuk mengurangi rasa sakit nyeri ketika Anda menelan makanan ke dalam perut.

Naproxen juga ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Naproxen bekerja dengan menghambat produksi zat tertentu yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. (OL-15)

Baca Juga

Ist/Youtube

Saat Pandemi Kesadaran Asuransi Naik, Prinsip Dasar Asuransi Perlu Dipahami

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:17 WIB
Ribuan korban jiwa melayang akibat pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat kembali mengkaji ulang cara pandang mereka terhadap...
MI/ADI KRISTIADI

Kemendikbud-Ristek Terus Berupaya Atasi Kedaruratan Guru

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:57 WIB
Kemendikbud-Ristek memberikan afirmasi 100 persen pada 2 kategori yakni guru honorer yang memiliki sertifikat pendidik dan guru honorer...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pandemi tidak Surutkan Kerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:23 WIB
Sebagai nahkoda, Presiden Joko Widodo juga memberi arahan yang jelas dan tegas sebagai bekal menempuh krisis. Gas dan Rem, serta keberanian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya