Jumat 06 Agustus 2021, 01:30 WIB

Catat, Ini Situs Legal untuk Menonton Anime Sub Indonesia

Fetry Wuryasti | Hiburan
Catat, Ini Situs Legal untuk Menonton Anime Sub Indonesia

AFP/Olivier Douliery
Netflix, salah satu situs nonton anime sub Indonesia

 

DAHULU, para penggila anime di Indonesia sering terhalang dengan sulitnya mengakses berbagai anime. Kemudian begitu maraknya situs online ilegal diblokir oleh Kominfo, mereka kembali kesulitan mencari streaming online untuk anime.

Menonton anime dari situs streaming ilegal adalah tindakan melanggar hukum, khususnya pelanggaran hak cipta. Menonton dari situs ilegal dianggap sama dengan mendukung atau mengonsumsi film bajakan.

Namun, sejak kehadiran Netflix beberapa tahun silam, para penggemar anime telah kembali dapat menonton berbagai judul anime secara legal dan dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik.

Kemudian sejumlah streaming legal pun hadir dengan harga langganan yang terjangkau mulai Rp50 ribuan di berbagai platform membuat menonton anime menjadi semakin mudah.

Beberapa saluran streaming legal untuk menonton anime antara lain:

1. Netflix
Pada awalnya, Netflix menyajikan ragam film produksi Hollywood dengan berbagai genre. Namun, seiring berjalan waktu, Netflix banyak memasukkan film-film Asia, salah satunya anime. Anime yang hadir di Netflix termasuk anime-anime unggulan atau populer.

Sebut saja Kengan Ashura, Naruto, Boku Hero Academia, Bleach, Yu Yu Hakusho, Record of Ragnarok, Jojo Bizarre Adventure dan lain sebagainya. Anda bisa melihat deretan anime-anime pada kolom genre anime yang khusus disediakan Netflix.

2. Muse Indonesia
Muse Indonesia merupakan cabang Muse Asia. streaming anime yang dapat dinikmati melalui YouTube. Pada laman YouTube resmi, disebutkan bahwa setiap video yang diunggah mempunyai lisensi resmi untuk menayangkan atau legal.

Muse Asia telah ada sejak 1992 dan berfokus pada produksi serta distribusi animasi Jepang. Judul anime yang diunggah cukup beragam, mulai dari Assassination Classroom, Yamishibai, Tokyo Revengers, The Devil is A Part Timer, dan lain sebagainya. 

Karena dapat ditonton dari YouTube, Anda tidak perlu berlangganan bulanan. Cukup pastikan kuota internet selalu tersedia. Muse Indonesia juga menyediakan terjemahan Bahasa Indonesia yang baik sehingga membuat penonton merasa nyaman.

3. Hulu
Sama seperti Netflix, Hulu mempunyai segudang judul anime, baik yang baru maupun jadul. Perbedaannya, anime-anime yang ada di Hulu memiliki sulih suara dalam Bahasa Inggris dan terjemahan dalam Bahasa Inggris. 

Layanan streaming Hulu sama seperti Netflix, yakni berbayar. Anda dapat memilih harga paket layanan dengan harga yang beragam.

4. Amazon Prime
Amazon Prime merupakan layanan streaming legal yang disediakan dan dikelola oleh Amazon. Dalam layanan streaming legal ini, Anda bisa menemukan ribuan judul anime yang jauh lebih banyak dari Netflix. Jika rindu anime era 1990-an atau masa awal hingga pertengahan 2000-an, Amazon Prime punya hampir semua judul anime populer di era itu.

Layanan streaming Amazon Prime sama seperti Netflix dan Hulu, yakni berbayar. Namun, Anda tidak harus berlangganan bulanan. Anda dapat menyewa atau membeli anime tertentu yang hanya ingin Anda tonton saja.
Hanya saja, jika menyewa, Anda memiliki batasan waktu menonton yang telah ditentukan Amazon Prime. Beda halnya jika membeli, Anda dapat menonton kapan saja.

5. Genflix
Genflix merupakan layanan streaming anime legal buatan dalam negeri yang menyajikan beragam anime populer. Karena produksi Tanah Air, pastinya terdapat opsi bahasa Indonesia. Biaya berlangganan di Genflix juga sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp 49 ribu per bulan untuk menikmati semua konten yang disajikan oleh Genflix.

6. Iflix
Iflix merupakan layanan streaming yang berkantor di Malaysia. Iflix menyediakan ragam judul anime populer dan menarik.

Nikmatnya lagi, Anda tidak perlu berlangganan untuk menikmati anime yang disajikan Iflix. Hanya saja, akan ada iklan yang muncul saat anime sedang berjalan.

7. Crunchyroll
Crunchyroll merupakan salah satu layanan streaming anime legal terbesar. Crunchyroll memiliki judul anime yang cukup lengkap. Tercatat ada lebih dari 200 judul anime yang dimiliki Crunchyroll.

Streaming Crunchyroll juga berbayar. Namun, Anda dapat juga menikmati secara gratis dengan iklan dan pembatasan konten. Update di layanan streaming ini juga terbilang cepat, hanya selisih beberapa jam setelah rilis di Jepang. 

Biaya berlangganan di Crunchyroll beragam mulai dari Rp 114 ribu hingga Rp171 ribu. Selain menyajikan anime, Anda juga bisa menikmati membaca manga dan menonton drama Jepang di Crunchyroll.

(OL-7)

Baca Juga

Instagram @baratheflame

Film The Flame Diharapkan Dorong Kesadaran Soal Lingkungan Hidup

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Desember 2021, 13:30 WIB
"Generasi penerus itu sangat berperan sekali. Kalau tidak ada gebrakan-gebrakan dari anak muda saat ini, mungkin hanya akan tinggal...
Antara/HO

Trailer Resmi Perdana Film Preman Dirilis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Desember 2021, 13:15 WIB
Adegan trailer dibuka dengan tatapan mata Sandi (Khiva Iskak) yang bersiap-siap menghadapi kepungan kelompok massa pimpinan Pak Guru (Kiki...
ANTARA/Spotify

Spotify Wrapped 2021 Hadir Semakin Personal

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Desember 2021, 12:30 WIB
Wrapped menunjukkan kebiasaan unik dari 381 juta pengguna Spotify dalam mendengarkan audio pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya