Sabtu 21 Januari 2023, 17:00 WIB

Danone dan Kemenparekraf Dukung Pengembangan Desa Wisata di Tujuh Provinsi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Danone dan Kemenparekraf Dukung Pengembangan Desa Wisata di Tujuh Provinsi

Ist
Acara penandatangan kerja sama Danone Indonesia dan Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan desa wisata di tujuh provinsi di Indonesia.

 

DANINE Indonesia telah mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung pengembangan desa wisata di tujuh provinsi di Indonesia.

Peresmian kerja sama berlangsung di acara National Convention Danone Indonesia 2023 bertajuk “Make Indonesia Future Fit through a High Impact Team” yang diselenggarakan pada Kamis (19/1) di JCC Senayan, Jakarta. Acara dibuka Menparektaf Sandiaga Uno.

Melalui kerja sama ini, Danone akan mendukung pengembangan empat belas desa wisata di tujuh provinsi, yaitu Sumatera Utara (Desa Lumban Bulbul, Toba); Jawa Barat (Desa Pancawati, Bogor, Kampung Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi, Subang); Jawa Tengah (Desa Blederan, Desa Tanjunganom, Wonosobo); Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo); Jawa Timur (Desa Jatiarjo, Pasuruan); Bali (Desa Kintamani, Bangli; Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung); dan Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara).

Ruang lingkup kerja sama ini mencakup di antaranya, pemanfaatan dan pertukaran data dan informasi, pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, pendampingan dan penguatan tata kelola, pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, edukasi dan pengelolaan sampah, serta kegiatan kerjasama lain yang dapat mendukung pertumbuhan desa wisata.

Baca juga: Pelindo Dukung Pengembangan Wisata Desa Budo dan Bunaken di Sulut

Dalam keterangan pers, Sabtu (21/1), Menparekraf Sandiaga Unomengatakan, “Industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang paling terdampak saat pandemi."

"Dalam mendorong geliat sektor pariwisata, seluruh komponen dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif perlu bergerak bersama-sama untuk menggarap semua potensi dan peluang yang ada sejalan dengan strategi kami, 3G, yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Gaspol (Garap semua potensi dan peluang yang ada). Hal ini membutuhkan tim solid yang resilien, adaptif, dan kolaboratif dalam menghadirkan inovasi, termasuk menjalin kerja sama lintas sektor," papar Sandiaga.

"Kami sangat menyambut baik dukungan Danone Indonesia dalam membantu pengembangan desa wisata karena dukungan ini akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian nasional,” ucap Sandiaga.

Geliat pariwisata tanah air mulai menunjukkan tren positif. Berdasarkan data Kemenparekraf, kontribusi produk domestik bruto (PDB) sektor Pariwisata 2023 diperkirakan mencapai 4,3%.

Melalui program pengembangan desa wisata, Danone Indonesia turut berkontribusi terhadap pemulihan sektor pariwisata, pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut sehingga dapat mendorong kesejahteraan masyarakat.

Tidak kalah pentingnya, melalui program ini, Danone Indonesia juga membuktikan komitmennya untuk turut melestarikan lingkungan dan sumber daya alam.

Connie Ang, Chief Executive Officer Danone Indonesia, mengatakan,“Sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, Danone memiliki komitmen jangka panjang yang terangkum dalam ‘One Planet One Health’, di mana kami percaya bahwa kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan saling terkait satu sama lain."

"Setiap inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selalu berlandaskan pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Komitmen kami ini terwujud dengan sangat jelas melalui dukungan pengembangan desa wisata," jelasnya.

"Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenparekraf yang memungkinkan kami untuk terus berkontribusi bagi pembangunan masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Connie.

“Kami percaya dibutuhkan kolaborasi yang berkelanjutan untuk dapat menyelesaikan beragam isu yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Dan kami percaya sektor swasta dapat memainkan peran lebih jauh sebagai tenaga pendorong bagi tercapainya seluruh agenda pembangunan nasional," tutur Connie. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Pertamina: 170 Juta NIK Terima Subsidi Elpiji 3 Kg

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:53 WIB
Pertamina Patra Niaga menghitung estimasi jumlah penerima gas elpiji 3 kilogram (kg) atau subsidi sebesar 47 juta kartu keluarga...
Antara

Pertamina Targetkan Kenaikan Produksi dan Lifting Migas di 2023

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:40 WIB
Produksi migas dari 1,018 juta barel setara minyak per hari (mboepd) pada tahun lalu, naik menjadi 1,055 juta mboepd di tahun...
Antara/Reno Esnir

Sumber Daya Berlimbah, PGE jadi Motor Pemanfaatan Geotermal

👤Mediandonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:20 WIB
Geotermal merupakan energi baru terbarukan (EBT) utama yang paling potensial untuk dapat mengakomodasi tujuan kebijakan transisi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya