Minggu 08 Januari 2023, 10:50 WIB

Erick Sebut BUMN Gencar Gelar Operasi Pasar Guna Stabilkan Harga Sembako

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Erick Sebut BUMN Gencar Gelar Operasi Pasar Guna Stabilkan Harga Sembako

MI/HO
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengikuti Bazar UMKM dan Pasar Murah untuk Rakyat yang digelar di Taman Kota Gunungsitoli, Nias, Sumut.

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengaku gencar mengadakan operasi pasar sembilan bahan pokok (sembako) di berbagai daerah. Upaya tersebut sebagai respons BUMN agar harga sembako di dalam negeri stabil di tengah kenaikan harga pangan dunia.

Hal ini diutarakan Erick saat mengikuti Bazar UMKM dan Pasar Murah untuk Rakyat yang digelar di Taman Kota Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, Sabtu (7/1).

“Operasi pasar sembako terus kita dorong supaya harga kebutuhan pokok tidak bergejolak naik. Data menyebutkan harga pangan dunia naik 14%. Kita harus mengintervensi hal ini," ujarnya, Minggu (8/1).

Baca juga: Pastikan Harga Pangan Stabil di Jateng, Ganjar Gencarkan Operasi Pasar

Menurutnya, BUMN harus mampu menyeimbangkan pasar dengan mengintervensi harga kebutuhan masyarakat. Ia mencontohkan saat awal pandemi berlangsung di 2020, BUMN menyediakan harga masker yang jauh lebih murah.

"Ketika pasar bergejolak, BUMN harus bisa mengintervensi. Misalnya saat harga masker dulu dijual Rp100 ribu, kita jual Rp5 ribu. Operasi minyak goreng kita juga lakukan," ujar Erick.

"Ini bisa terjadi karena BUMN sehat. Kalau tidak sehat mana mungkin membantu masyarakat dengan harga bahan pokok yang lebih terjangkau," tambahnya.

Selain sembako, Erick juga menyoroti pergerakan harga bahan bakar minyak (BBM). Menurutnya, naik-turun harga BBM amat dipengaruhi oleh harga minyak dunia. Sehingga, turunnya harga Pertamax belum lama ini ke harga Rp 12.800 per liter, bukan menjadi jaminan harganya akan tetap atau terus menurun. Bahkan terbuka kemungkinan harga Pertamax meningkat lagi jika harga minyak mentah di dunia naik.

“Namun kita juga harus waspada karena bukan tidak mungkin harga Pertamax bisa naik lagi, minggu depan atau bulan depan,” pungkas Erick. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pertamina EP

Dongkrak Kinerja Migas, PT Pertamina EP Optimalkan Investasi Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:41 WIB
Kenaikan investasi ini cukup signifikan hingga membawa Pertamina EP raih apresiasi dari SKK Migas sebagai peringkat pertama The Highest...
Dok.SBI

Kandidat Proper Emas, Kepala Daerah Se-Jawa Barat Studi Banding Pabrik SBI Narogong

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:58 WIB
Penerapan kaidah pertambangan yang baik oleh SBI merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan dan tanggung jawab...
Dok Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Bidik 1.000 Kios untuk Pasarkan Pupuk Non Subsidi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:10 WIB
Pupuk Indonesia membidik 1.000 kios komersil, yang memasarkan pupuk non subsidi dan produk-produk Pupuk Indonesia lainnya, untuk beroperasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya