Selasa 15 November 2022, 12:53 WIB

PGN dan Turki Kerja Sama Suplai LNG

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PGN dan Turki Kerja Sama Suplai LNG

Antara
Petugas PGN memeriksa kesiapan gas sebelum didistribusikan ke masyarakat.

 

PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas Pertamina membidik pasar gas bumi internasional melalui pemenuhan kebutuhan gas bumi dan Liquified Natural Gas (LNG) di Turki.

PGN menggandeng BOTAS atau Petrolium Pipeline Corporation selaku badan usaha milik negara Turkiye yang bergerak di bidang transportasi minyak bumi dan trading gas bumi untuk suplai gas bumi ataupun LNG ke Turki. Kedua pihak menandatangani Memorandum of Agreement (MOU) pada Minggu, (13/11).

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto menjelaskan, kerja sama PGN dengan Botas tidak hanya sebatas suplai gas bumi dan LNG, tetapi juga mengenai pengembangan kerjasama hidrogen, infrastruktur LNG, fasilitas storage gas bumi bawah tanah, dan potensial bisnis lainnya.

“Indonesia dan Turki dapat menjadi market energi yang esensial bagi keberlanjutan trading energi bilateral khususnya gas bumi," ucapnya pada Selasa (15/11).

Menurut Haryo, diversifikasi rute dan sumber pasokan gas bumi penting untuk kepastian suplai gas bumi maupun LNG. Oleh karena itu, penyaluran gas bumi maupun LNG untuk Turki nantinya juga berasal dari sumber lain, tidak hanya dari Indonesia.

Saat ini yang sudah beroperasi adalah Arun LNG Hub yang dikelola oleh PT Perta Arun Gas (PAG) selaku afiliasi Subholding Gas.

Lokasi Arun yang strategis, yakni berada di Lhokseumawe Aceh, menjadikannya sebagai pusat LNG trading Asia dan destinasi LNG Hub Global seperti Tiongkok, Australia, Angola, Mesir, dan Amerika Serikat. “Bisnis utama PAG adalah LNG receiving terminal, regasifikasi dan LNG Hub. Lokasinya dekat Selat Malaka dengan potensi hampir 100 ribu kapal berlayar melintas, menjadi modal penting PAG sebagai pusat LNG Hub kelas dunia," tuturnya.

Haryo berharap kerja sama dengan BOTAS berlanjut sampai tahap eksekusi komersial agar mendapatkan benefit untuk melebarkan bisnis PGN ke kancah intenational.

Turki juga diyakini akan terbantu dalam hal pemenuhan energi gas bumi di kota-kota besar dan pusat-pusat industri sebagai konsumen gas bumi dalam jumlah besar. (OL-12)

Baca Juga

Antara/M Ibnu Chazar.

Potensi Hanjeli sebagai Alternatif Bahan Pokok Beras

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:17 WIB
Pemerintah diminta memperkenalkan aneka komoditas lokal pengganti beras dengan komoditas lain yang setelah diteliti dan justru punya...
ANTARA FOTO/	FENY SELLY

Wapres Ungkap Strategi Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 04 Desember 2022, 17:41 WIB
Pemerintah saat ini terus meningkatkan implementasi program padat karya untuk menyerap tenaga kerja yang bakal...
Ist

Resesi Dunia Dinilai Bisa Jadi Peluang bagi Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 16:55 WIB
Potensi Indonesia menjadi negara penyuplai pangan sangat terbuka lebar. Asalkan pemerintah serius serta didukung dengan kebijakan makro dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya