Sabtu 05 November 2022, 08:28 WIB

Guru Punya Peran Strategis Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Guru Punya Peran Strategis Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

Dok. Yayasan Guru Belajar
Ajang Temu Pendidik Nusantara 9 yang digelar YGB dan LPS

 

YAYASAN Guru Belajar (YGB) berkolaborasi dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk meningkatkan literasi keuangan pendidik. Kolaborasi keduanya memiliki peran penting untuk menambah pengetahuan dan literasi keuangan masyarakat

Koordinator Partnership YGB Umi Kalsum berharap, melalui sesi itu, pendidik mulai bergerak untuk membiasakan murid-muridnya menabung. 

“Agar nantinya murid-murid ini terhindar dari kebiasaan konsumtif, harus dibiasakan sejak kecil. Seperti yang kita sering dengar akhir-akhir ini, banyak orang terjerat pinjaman online ilegal. Salah satu penyebabnya karena memang pengeluaran mereka lebih besar dari pemasukan,” jelas Umi.

Kolaborasi antara YGB dan LPS telah dilaksanakan beberapa waktu lalu pada puncak Temu Pendidik Nusantara 9. Spesialis Madya Pusat Diklat LPS Ary Rismy membagikan tiga tips agar masyarakat merasa aman menabung di bank. 

Pertama, tercatat di Pembukuan Bank. Ari menegaskan, setiap nasabah harus memastikan bahwa transaksi yang mereka lakukan tercatat di pembukuan bank. Jika terjadi sesuatu dengan bank, LPS akan menjamin tabungan tersebut sesuai yang ada di pembukuan resmi.

“Bapak/Ibu guru di luar pulau Jawa mungkin biasa ada petugas bank yang ambil setoran kita ke sekolah atau rumah, karena kita sudah percaya jadi tidak cek ulang. Ketika suatu saat butuh baru dicek, ternyata ada selisih,” jelas Ari.

Kedua, memperhatikan Suku Bunga. Setiap bank menawarkan suku bunga yang berbeda. Tabungan dengan suku bunga lebih dari suku bunga penjaminan tidak akan dijamin. Batas suku bunga yang dijamin per Oktober 2022 yakni, bank umum 3,75%, valas 0,75%, dan BPR 6.25%.

Baca juga : Ini Dua Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat Milik Pertamina Hulu Kaltim

“Boleh saja menabung di bank yang memberikan suku bunga tinggi. Namun yang perlu diperhatikan, semisal suatu saat izin bank tersebut dicabut oleh OJK, kami sepenuhnya tidak menjamin tabungan tersebut,” terang Ari.

Ketiga, selalu Memenuhi Kewajiban Terhadap Bank. Pihak nasabah juga harus turut selalu menyadari kewajibannya terhadap bank. Seperti misalnya selalu membayar angsuran jika melakukan kredit.

“Kalau seperti ini kan berarti nasabah yang menjadi pihak penyebab kerugian bank. KTA, kredit tanpa angsuran. Kreditnya iya, angsurannya macet,” ucap Ari.

Pada akhir sesi, Ari menyampaikan, akan ada dukungan jika pihak sekolah ingin bermitra. Misalnya menjadi pembicara tamu seperti yang diminta oleh Rivolan, pengawas asal Sumatera Utara yang turut hadir saat talkshow. 

“Meskipun (kantor) kami hanya ada di Jakarta, kami memberikan pelayanan dari ujung Aceh hingga Papua,” pungkas Ari.

Temu Pendidik Nusantara 9 (TPN 9) merupakan rangkaian konferensi pendidikan yang melibatkan ribuan pembicara dari beragam latar belakang. TPN 9 digelar secara daring dan luring. Secara luring, TPN 9 diselenggarakan di 50 daerah dan berkolaborasi dengan sepuluh organisasi profesi. TPN selanjutnya yakni Temu Pendidik Nusantara X  akan digelar tahun 2023. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Pos Indonesia Gelar Apel Kesiapan Hadapi Natal dan Tahun Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:39 WIB
Menjelang Nataru. Pos Indonesia perlu fokus kepada tiga program utama yaitu Business Opportunity, Operational Excellent dan Social...
Ist

Menjelang Akhir Tahun, Moduit Ajak Investor Tetap Optimistis 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:15 WIB
Pasar modal sebagai salah satu instrument investasi bisa dipelajari jadi pertimbangan dalam berburu...
Ist/Pertamina

Tingkatkan Suplai, Pertamina Patra Niaga Operasikan 3 Terminal LPG Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:20 WIB
Pertamina Patra Niaga siap mengoperasikan 3 Terminal LPG baru. 3 Terminal LPG baru ini dibangun sesuai dengan standar  teknis dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya