Selasa 01 November 2022, 10:21 WIB

Lonjakan Penggunaan Skin Care dan Kosmetik Ikut Dorong Pencapaian Positif VICI di Kuartal III-2022

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Lonjakan Penggunaan Skin Care dan Kosmetik Ikut Dorong Pencapaian Positif VICI di Kuartal III-2022

Dok. VICI
salah satu lini produk Victoria Care Indonesia

 

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) pada kuartal ketiga tahun ini berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp727,4 miliar atau naik 19,2% QoQ, dan laba periode berjalan sebesar Rp53,3 miliar, naik 44,2% QoQ. 

Meski agak tersendat di awal tahun, VICI mampu memperbaiki kinerjanya dan mencatatkan peningkatan pendapatan di kuartal II sebesar 10% dibandingkan kuartal I 2022 dan peningkatan pendapatan hampir 20% di kuartal III dibandingkan kuartal II. 

Secara YoY, pendapatan Perseroan turun sebesar 12,6% yang terutama diakibatkan oleh menurunnya permintaan produk-produk antiseptik seiring dengan situasi pandemi yang semakin membaik di Indonesia. Meski demikian, apabila produk-produk antiseptik dikecualikan, maka penjualan produk-produk non-antiseptik Perseroan justru tumbuh 10% YoY. 

Penjualan produk-produk non-antiseptik bahkan tumbuh 51,5% di kuartal ketiga dibandingkan kuartal kedua tahun ini. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh produk-produk baru di kategori perawatan kulit dan kosmetik dekoratif yang Perseroan luncurkan tahun ini. 

Bauran produk baru yang Perseroan luncurkan juga memiliki dampak positif dalam bentuk kenaikan margin laba kotor menjadi 52,0% dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebesar 48,7%.

Pertumbuhan kategori perawatan kulit dan kosmetik dekoratif memang sangat signifikan. Pada periode sembilan bulan pertama 2022, penjualan kotor produk perawatan kulit melonjak sebesar 178,2% dan penjualan kotor produk di segmen kosmetik dekoratif melonjak 349,6% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.

Baca juga : Pria Butuh Pengunaan Skin Care ? Ini Penjelasan Produsen Skin Care Koolit 

Tidak berhenti sampai di situ, kategori perawatan rambut profesional juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan dengan mencatatkan pertumbuhan penjualan kotor sebesar 325,6% selama sembilan bulan pertama 2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

“Adanya perubahan di pasar, terutama permintaan produk antiseptik seiring dengan transisi Indonesia dari situasi pandemi ke endemi tentunya membuat Perseroan harus beradaptasi dengan situasi ini. Kami selalu melakukan inovasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar dan selalu mencari cara baru untuk mempromosikan dan memasarkan produk,” ujar Billy Hartono Salim, Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia Tbk.

Billy menambahkan, pihaknya kini juga terus mendorong penjualan di platform digital/online. Didukung dengan tim yang berisikan generasi muda yang kreatif dalam pembuatan konten di media sosial dan analisis data, serta produk-produk yang diterima dengan baik oleh masyarakat, VICI mampu menorehkan pertumbuhan penjualan lewat platform digital/online sebesar 219,7% di sembilan bulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Selain memperkuat strategi penjualan baik di pasar offline atau online, Perseroan juga sudah menggandeng Kimia Farma untuk mendistribusikan produk-produknya melalui gerai Apotek Kimia Farma yang tersebar di Indonesia agar konsumen bisa lebih mudah mendapatkan produk terbaik Perseroan,” imbuh Billy.

Ke depannya, Billy menyebut, VICI berencana untuk terus meluncurkan beberapa produk baru ke pasar yang menyasar wanita muda, energik, dan aktif sebagai inti dari target pasarnya.

“Kami senang dengan hasil produk baru kami karena dapat diterima dengan sangat baik oleh publik dan sesuai dengan trend permintaan pasar. Inovasi akan menjadi elemen kunci penting dalam pertumbuhan Perseroan dan kami akan terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang sejalan dengan tren pasar. Kami percaya ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk pertumbuhan ke depan,” tutup Billy. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antata

KKP Siap Kawal Mutu Produk Perikanan di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Selain itu, pengendalian mutu produk perikanan turut dilakukan melalui sertifikasi secara...
MI/AGUNG WIBOWO

Menparekraf Minta Wisman tidak Ragu Berkunjung ke Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:40 WIB
Saat ini, pemerintah bersama semua pihak terkait sedang menyusun aturan detail dan SOP aktivitas wisata yang dapat menjamin keamanan serta...
Ist

Gandeng Seniman Milenial Lokal, Foot Locker Hadirkan Gerai 'Power Store' Menarik

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:23 WIB
Pada hari ini atau Jumat (12/9), Foot Locker Indonesia membuka gerai terbesarnya di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya