Selasa 13 September 2022, 16:03 WIB

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk PNS Karyawan

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Ekonomi
Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk PNS Karyawan

Antara/Aswaddy Hamid.
Pemilik usaha katering memeriksa wadah berisi makanan yang akan dikirim ke sebuah pabrik di Kota Dumai, Dumai, Riau.

 

SEHUBUNGAN dengan naiknya harga beberapa bahan kebutuhan di Indonesia, banyak masyarakat yang membuka usaha sampingan untuk mendapatkan tambahan uang. Saking banyak pilihan usaha yang dapat dilakukan, mereka pun menjadi bingung. 

Usaha-usaha tersebut dapat dibuka tanpa properti yang berat. Beberapa usaha hanya memerlukan smartphone dan internet. Ada juga yang dapat memakai teras rumah sebagai lokasinya. Di bawah ini kami bagikan beberapa ide yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Online shop

Anda dapat membuka usaha pakaian lalu dijual di e-commerce. Selain menghemat pengeluaran penyewaan tempat, usaha yang satu ini cukup efektif dan efisien.

2. Jasa edit foto dan video

Seiring berkembang zaman, bisnis fotografi dan videografi juga turut berkembang. Untuk mengedit foto atau video, Anda dapat menggunakan smartphone dan tidak memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi. Cukup dengan skill yang diasah dengan berlatih, Anda sudah dapat menambah pendapatan dengan mengedit foto dan video.

3. Konter pulsa

Konter pulsa hanya memakan sedikit tempat untuk dijadikan toko offline. Menjual pulsa atau kuota dapat dilakukan hanya bermodal telepon genggam. Anda juga dapat menjual berbagai perlengkapan smartphone di konter pulsa Anda.

4. TikTokers

Usaha yang satu ini semakin diminati orang-orang semenjak pandemi kemarin. Caranya cukup mudah, yaitu buatlah konten yang bermanfaat dan semenarik mungkin. Semakin sering konten diunggah, followers TikTok pun akan bertambah. Berbagai brand produk dapat meminta Anda untuk mempromosikan produk mereka, tentu saja dengan bayaran.

5. Bisnis makanan dan minuman

Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, bisnis ini tergolong mudah untuk dilakukan. Untuk promosi juga dapat dilakukan melalui media sosial yang ada.

6. Jasa fotokopi dan digital print

Meskipun banyak guru dan dosen lebih memilih untuk tugasnya dikumpulkan melalui soft copy, masih ada juga guru dan dosen yang membutuhkan hard copy dari tugas murid dan mahasiswa.

7. Warung

Masih banyak masyarakat yang berbelanja camilan atau bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari di warung. Anak-anak juga pasti akan bolak-balik membeli camilan yang dijual di warung.

8. YouTuber

Berbagilah ilmu yang Anda punya dengan teman-teman online. Dengan mengunggah berbagai konten yang bermanfaat, Anda dapat mengumpulkan subscribers dan menerima penghasilan tambahan dari YouTube.

9. Streamer game online

Menjadi streamer tidak hanya dilakukan di YouTube, sekarang sudah ada berbagai platform yang dikhususkan untuk streamers game online. Para penonton live streaming pada umumnya memberikan hadiah berupa koin hingga donasi. Donasi tersebut bisa Anda cairkan dalam bentuk uang yang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

10. Desainer

Tak hanya desainer pakaian yang banyak dicari, Anda juga dapat menjadi desainer interior. Anda dapat mendesain rumah klien agar sesuai dengan permintaan mereka.

11. Penulis lepas

Penulis lepas atau dalam bahasa Inggris disebut freelance writer dapat menawarkan jasa kepada sejumlah perusahaan tanpa terikat jam kerja. Jika kesepakatan sudah terjadi, Anda akan mendapat bayaran yang sesuai.

12. Laundry kiloan

Bagi masyarakat di kota besar yang kehidupan mereka sebagian besar di kantor, mencuci pakaian tergolong hal yang agak sulit dilakukan. Mengapa demikian? Banyak waktu yang mereka luangkan di kantor membuat tempat tinggal hanya sebagai tempat tidur. Jasa laundry kiloan menjadi jalan keluar untuk mencuci pakaian.

13. Laundry sepatu

Sama seperti laundry kiloan, laundry sepatu juga menjadi jalan keluar orang-orang tersebut. Sepatu yang diterima pun berbagai macam dengan harganya masing-masing.

14. Bisnis rental playstation

Bisnis ini dapat Anda lakukan saat liburan sekolah. Banyak anak-anak, bahkan orang dewasa yang gemar bermain PS. Jika membuka usaha ini, Anda akan mendapati pelanggan dari berbagai kalangan umur.

15. Salon dan pangkas rambut

Ruang untuk membuka salon dan pangkas rambut juga tidak harus besar. Pilihlah ruko kecil dengan fasilitas yang cukup untuk membuka salon dan pangkas rambut. Usaha ini pun pasti akan banyak menarik pelanggan.

16. Servis barang elektronik

Jika punya skill memperbaiki barang elektronik, usaha ini dapat menjadi pilihan Anda. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi jika barang elektronik tersebut rusak secara tiba-tiba.

17. Bengkel sepeda motor

Usaha yang satu ini juga sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Kalau punya keahlian dibidang otomotif, kamu bisa membuka usaha sampingan bengkel sepeda motor.

18. Guru privat

Anda dapat menjadi guru privat di rumah dan mengajari murid membaca, berhitung, hingga pelajaran seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan lain-lain.

19. Air isi ulang

Air isi ulang dengan harga yang terjangkau membuat banyak masyarakat lebih memilih untuk membeli air isi ulang. Oleh karena itu, bisnis air isi ulang dapat menjadi pilihan usaha sampingan.

20. Katering rumahan

Mulailah dengan katering kecil terlebih dahulu. Anda bisa memulai dengan usaha katering untuk anak sekolah, karyawan kantor, hingga katering untuk acara kecil seperti ulang tahun anak. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Rilis Sekolah Makmur untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:16 WIB
“Program ini, merupakan salah satu implementasi dari strategi customer intimacy Petrokimia Gresik dalam menghadirkan solusi atas...
dok.Kementan

Pertanian Kokoh, Kementan Tanamkan Orientasi Bisnis pada Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:15 WIB
REGENERASI petani bagi keberlanjutan pembangunan pertanian nasional, terus diupayakan oleh Kementerian Pertanian RI, utamanya generasi...
Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya