Jumat 09 September 2022, 15:10 WIB

Program Kartu Sakti Jokowi Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas SDM

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Program Kartu Sakti Jokowi Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas SDM

Antara
Ilustrasi kartu prakerja

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) konsisten menggenjot pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas untuk memperkuat daya saing dan kompetensi khususnya di tingkat global.


Guru Besar Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Riane Johnly Pio menyampaikan, sudah sejak awal Jokowi memberi perhatian besar terhadap pengembangan SDM Tanah Air. Sejumlah program diluncurkan guna mendukung capaian tersebut. 

Salah satu langkah nyata presiden, lanjut dia, melalui pelaksanaan program kartu sakti yang digenjot Jokowi. Program tersebut meliputi peluncuran Kartu Prakerja yang telah digagasan Jokowi sampai sekarang ini.

Dia mengungkapkan manfaat yang dirasakan dari kehadiran Kartu Prakerja telah langsung menyentuh persoalan masyarakat. Kehadirannya bahkan terbukti begitu membantu keberlangsungan hidup masyarakat. 

"Selama ini kita melihat presiden kita sangat konsen dengan pembangunan manusia, termasuk program Kartu Prakerja," ujar Riane.

Lebih lanjut dia menyebut realisasi Program Kartu Prakerja, Jokowi telah membuat pergerakan cepat untuk menciptakan SDM berkualitas. Di samping itu, dia menilai, langkah yang dilakukan Jokowi sudah tepat. 

Terutama, lanjut dia,  menuju visi Indonesia Maju dengan penguatan kompetensi SDM Bangsa  dapat lebih cepat terwujud. Meski dirinya tak memungkiri, dalam pelaksanaannya di masyarakat membutuhkan komitmen serta perhatian tinggi. 

"Itu jadi saya pikir sudah on the track dari segi program. Hanya saja dalam implementasinya dari aspek birokrasi meski dijalankan dengan semestinya," pungkasnya.

Melalui Program Kartu Prakerja, angkatan kerja baru yang setiap tahun mencapai 2,5 juta jiwa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan kerja sehingga memiliki daya saing dan terserap di dunia kerja.

Pelaksanaan program prakerja diatur dalam tiga peraturan, yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76/2020 dan Permenko Perekonomian Nomor 3/2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja, dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/2020 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penganggaran, Pencairan, Pertanggungjawaban Dana Kartu Prakerja. (Ant/OL-8)

Baca Juga

dok.kemetan

Tani AKUR, Solusi Kementan bagi Petani Milenial Raih Sukses

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:37 WIB
KEMENTERIAN Pertanian tiada henti mengajak para petani milenial RI untuk menekuni pertanian melalui berbagai kemudahan, program teranyar...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengamat: Ciptakan Lapangan Pekerjaan Seluasnya untuk Atasi Garis Kemiskinan

👤Ficky Ramadhan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:46 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan garis kemiskinan berdasarkan total pengeluaran bulanan dari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan...
Dok. Skandinavia Apartement

Fasilitas yang Fokus pada Keluarga jadi "Senjata" Skandinavia Pasarkan Apartemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:41 WIB
Apartemen yang memiliki konsep desain interior sesuai dengan namanya, Scandinavian, terus-menerus menyuguhkan fasilitas terbaik, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya