Selasa 06 September 2022, 11:47 WIB

Sempat Lebih Murah, Harga BBM Vivo Revvo 89 Saat Ini di Atas Pertalite

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sempat Lebih Murah, Harga BBM Vivo Revvo 89 Saat Ini di Atas Pertalite

Antara
Ilustrasi Vivo

 

PT Vivo Energy Indonesia membenarkan ada perubahan harga pada penjualan bahan bakar minyak (BBM) Revvo 89 yang dipatok lebih tinggi dibanding BBM jenis pertalite dari Pertamina. Saat ini, BBM Vivo dengan kadar oktan RON 89 dipatok Rp10.900 per liter liter. Sedangkan, harga pertalite Rp10 ribu per liter.

"Perubahan harga adalah keputusan komersial untuk mematuhi regulasi dan perubahan pasar," ungkap manajemen Vivo Energy Indonesia dalam rilis resmi, Selasa (6/9).

Penjualan Revvo 89 menyita perhatian publik karena sempat menjual lebih murah saat diumumkan harga BBM subsidi naik oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, (3/9). Saat itu BBM Revvo 89 dijual dengan harga Rp8.900 per liter.

Dari sisi eksternal, Vivo Energy Indonesia mengatakan alasan kenaikan harga BBM ditengarai kondisi internasional saat ini telah bergejolak belakangan akibat perang Rusia-Ukraina.

"Harga jual ditentukan oleh harga BBM internasional serta peraturan lokal tentang formula harga jual maksimum," sebutnya.

Sedangkan, dari internal, dengan adanya keputusan pemerintah Indonesia untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada 31 Desember 2022, maka perusahaan itu mengaku mengikuti kebijakan tersebut.

"Vivo Energy Indonesia mematuhi kebijakan pemerintah dan telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku tidak melakukan intervensi terhadap penetapan harga Jenis Bahan Bakar Minyak Umum (JBU) milik swasta. Kementerian itu menetapkan Harga Jual Eceran (HJE) Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan. Sedangkan, HJE Jenis BBM Umum dihitung dan ditetapkan oleh badan usaha.

"Tidak ada pelarangan," Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih kepada Media Indonesia, Senin (5/9).

Penegasan tersebut sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2021, yang mana pemerintah menetapkan tiga jenis BBM yang beredar di masyarakat. (OL-12)

Baca Juga

Antara

PLN Gandeng Jepang dan Tiongkok Kembangkan Teknologi Rendah Karbon

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 23:18 WIB
PT PLN (Persero) menggandeng Jepang dan Tiongkok untuk mendorong potensi energi baru terbarukan...
Ist

HUT ke-23, Erha Gelar Pameran dan Diskon Serentak di 11 Lokasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 23:08 WIB
Inovasi teknologi perawatan kulit yang ditawarkan Erha Ultimate sudah semakin maju bersamaan dengan kebutuhan konsumen yang...
Antara

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 22:41 WIB
PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya