Senin 05 September 2022, 13:59 WIB

Indonesia-Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Indonesia-Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Antara
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos di Istana Kepresidenan Bogor.

 

INDONESIA dan Filipina berkomitmen untuk terus meningkatkan volume dan nilai perdagangan di masa mendatang. Komitmen itu disepakati dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor.

"Mengenai kerja sama bilateral, kita ingin mendorong peningkatan volume perdagangan secara signifikan. Dibandingkan tahun lalu, perdagangan Indonesia dan Filipina sudah naik hampir 50%," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam keterangan pers bersama, Senin (5/9).

Baca juga: Neraca Perdagangan RI Surplus Selama 27 Bulan

Secara khusus, pemerintah berupaya meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman, produk kelapa dan rumput laut, serta farmasi. Adapun, salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai komitmen tersebut, yakni membuka akses transportasi antarkedua negara.

Kepala Negara ingin ada jalur pelayaran dan penerbangan khusus, yang bisa digunakan untuk keperluan niaga antara Indonesia dan Filipina. "Saya mengajak Filipina mengembangkan potensi perdagangan, dengan membuka konektivitas di wilayah perbatasan. Saya mengusulkan revitalisasi jalur Kapal Roro Bitung-Davao dan jalur penerbangan Manado-Davao," imbuhnya.

Baca juga: Panglima Militer AS: Indonesia Negara Penting Bagi Kami

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, nilai perdagangan Indonesia dengan Filipina pada 2021 mencapai US$9,8 miliar. Angka tersebut tumbuh 52,12% dari tahun sebelumnya, sekaligus menjadi rekor tertinggi sejak 1989.

Diketahui, nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar US$8,6 miliar dan nilai impor US$1,2 miliar. Aertinya, neraca perdagangan Indonesia terhada Filipina surplus sebesar US$7,3 miliar.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK Indonesia Re.

Kinerja Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional Dioptimalkan Lagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 14:35 WIB
PT Reasuransi Indonesia Utama (persero) atau Indonesia Re akan kembali menggaungkan peran Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional...
ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Harga Kopra Anjlok, Presiden: Pemerintah Tidak Bisa Intervensi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 28 September 2022, 14:24 WIB
Ia pun meminta para petani tetap tenang karena ada kemungkinan harga kopra akan kembali naik dalam beberapa waktu ke...
Ist/BJB

Produk bjb Obligasi Ritel ORI 022 dengan Penawaran Kupon Menarik

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 13:55 WIB
Ritel Seri ORI022 melalui produk bjb Obligasi Ritel dengan penawaran kupon menarik dan pembelian antara Rp1 juta hingga Rp5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya