Rabu 20 Juli 2022, 22:45 WIB

Food Estate Dukung Impian Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Food Estate Dukung Impian Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Antara/Andi Bagasela.
Petani membajak sawah di Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/7/2022).

 

GURU Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Edi Santosa optimistis program Food Estate mampu mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia seperti yang dicita-citakan Kementerian Pertanian. Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia atau world food storage pada 2045. 

"(Indonesia sebagai lumbung pangan dunia) sangat mungkin (terwujud). Syaratnya harus betul betul serius," kata Edi, saat dihubungi, Rabu (20/7). Menurut Edi, Food Estate akan menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, program ini diharapkan memiliki daya saing tinggi. 

"Food estate harus dibangun dengan daya saing, sehingga nanti mendukung cita cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia," ujarnya. Pemerintah telah menetapkan wilayah Food Estate di dua provinsi yaitu Kalimantan Tengah, tepatnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Ada pula Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. Selain itu pemerintah berencana memperluas program terkait ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sumatra Selatan, dan Papua. 

Baca juga: IEA: Permintaan Listrik Global Melambat Tajam

Sebelumnya Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Yadi Sofyan Noor, menyatakan pembangunan Food Estate di Kalimantan Tengah bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kuat di dunia. Menurut Yadi, program yang dikembangkan Kementerian Pertanian tersebut sudah menunjukkan kemajuan hasil yang maksimal. 

Berdasarkan data yang dihimpun Yadi, rata-rata penyusutan lahan di Indonesia mencapai 150.000 hektare per tahun. Sementara data cetak sawah di bawah 100.000 hektare, tepatnya 60.000 per tahun. Namun dengan adanya Food Estate, pencetakan sawah bertumbuh lebih cepat dan lebih maksimal. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

5.000 Pelari Siap Semarakkan BRImo Colourful Run 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:45 WIB
Mengusung “Bring More Colour To Your Life”, BRI mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat hidup...
Dok. Anugerah Pangan Lestari

Perluas Pangsa Pasar, Anugerah Pangan Lestari Buka Gerai Orbeez di SCBD

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:41 WIB
Gerai makanan/minuman yang baru dibuka itu merupakan showcase atau display produk-produk lokal maupun impor dari PT Anugerah Pangan...
Dok Link Net

Berhasil Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Link Net Sabet Penghargaan ICXC dan ISTC 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:33 WIB
Fenomena peningkatan akses masyarakat ke konten serta platform atau aplikasi digital, telah mendorong semakin tingginya tuntutan konsumen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya