Rabu 08 Juni 2022, 09:29 WIB

Sandiaga Uno: Kota Tangsel Miliki Etalase Showcasing Produk Kriya Terbaik

mediaindonesia.com | Ekonomi
Sandiaga Uno: Kota Tangsel Miliki Etalase Showcasing Produk Kriya Terbaik

Ist
Workshop Pengembangan KaTa Kreatif Kota Tangerang Selatan dilaksanakan di Resto Kampoeng Anggrek, Kota Tangerang Selatan.

 

WORKSHOP Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022 kali ini menyambangi Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kota Tangsel masuk dalam provinsi Banten tersebut terkenal dengan sektor industri dan ekonomi kreatif (ekraf). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddib Uno mengatakan, Tangsel masuk dalam agenda kesebelas yang memang patut dikembangkan dan juga butuh bimbingan guna adanya kebangkitan dari produk yang ada di kota yang pernah dipimpin oleh seorang wali kota wanita.

“Karena kota ini berkonsep sebagai kota industri dan juga ekonomi kreatif,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Rabu (8/6). Namun tetap subsektor kriya yang menjadi sektor unggulan di kota tersebut, bahkan ekraf juga masuk dalam kriya. 

Sandi mengungkapkan, di kota ini juga perlu pengembangan perdagangan pariwisata multikultural yang berbasis modernisasi dan kearifan lokal

"Potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha pelaku ekraf. Kreativitas, inovasi, dan peningkatan penggunaan teknologi akan memperluas jangkauan pasar," jelasnya.

Baca juga: Sandiaga Dorong Ijen Banyuwangi Jadi UNESCO Global Geopark

"Sehingga dapat mendukung upaya membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja sebesar-besarnya dan menata kembali ekonomi kerakyatan," ujar Sandi.

Workshop Pengembangan KaTa Kreatif Kota Tangerang Selatan dilaksanakan pada Selasa (7/6) di Resto Kampoeng Anggrek, Kota Tangerang Selatan.

“Jumlah pesertanya ada 35 orang dari seluruh kota Tangsel, sedangkan pembicaranya atau pemberi pelatihannya adalah professional yang akan berbagi pengalaman dalam memajukan usaha mereka,” tegas Sandi.

Sementara, Sandi mengungkapkan di Tangsel memang tidak ada lokasi wisata alami namun memiliki kreativitas sehingga menjadi daya tarik untuk peningkatan ekonomi berkelanjutan.

Pejabat dari jajaran dari Kota dan Kabupaten Tangsel dengan adanya workshop ini akan banyak sekali desa kreatif yang akan bisa bekerja sama untuk menampilkan kolaborasi wisata alam dan wisata buatan. 

Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif. Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Tangerang Selatan.

Menparekraf melanjutkan, kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

“Dalam workshop ini akan diberikan pelatihan tentang membranding, produksi dan juga memasarkan produk dari para UMKM dan masyarakat yang ikut workshop,” tegasnya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya